Pentingnya Bekal Komunikasi Berbahasa Inggris di Era Masyarakat Ekonomi Asia

Siang itu (06/01), Politeknik Caltex Riau (PCR) kedatangan tamu spesial. Para mahasiswa PCR menyambut kehadiran pembicara khusus dari

 

pensiunan PT Chevron Pacific Indonesia, Ricky Aman. Beliau adalah pembicara yang telah lama memberikan banyak kuliah umum di dalam maupun luar negeri. Kali ini, beliau membawakan tema “Pentingnya Komunikasi Berbahasa Inggris di Era Masyarakat Ekonomi Asia” di auditorium kampus PCR. Dihadiri ratusan mahasiswa PCR, kuliah umum diadakan mulai pukul 14.00 siang.

Menurut Ricky, sebagai seorang mahasiswa diperlukan kesadaran untuk mulai berkomunikasi menggunakan bahasa inggris di tiap kegiatan seperti kampus, lingkungan rumah dan juga media sosial. Menurutnya di era perdagangan bebas yang notabene adalah bentuk integrasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi.

“Akan munculnya suatu sistem perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara yang memungkinkan barang, jasa maupun tenaga profesional dari negara tetangga masuk ke Indonesia. Dan untuk menghadapi hal tersebut diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap memenangkan persaingan global tersebut,” paparnya.

Tambah Ricky, sebagai calon lulusan yang akan bersaing di dunia kerja, mahasiswa PCR harus siap untuk bisa menjadi SDM yang handal terutama dalam hal berkomunikasi. Dalam hal ini peranan bahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam menguasai komunikasi berbasis teknologi maupun dalam berkomunikasi secara langsung.

  • Berita
Bagikan ke teman

Artikel Sebelumnya

Komentar