Tingkatkan Kompetensi Laboran dan Guru SMK, PUT PCR adakan Training Operator dan Programming CNC

Pusat Unggulan Teknologi (PUT) Politeknik Caltex Riau (PCR) telah mengadakan Training Operator dan Programming Computer Numerical Control (CNC) pada tanggal 21 Agustus – 25 Agustus 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium CNC PCR ini diikuti oleh Laboran PCR pada program studi Teknik Mesin dan Teknik Mekatronika serta guru SMK dengan skill di bidang Operasional  dan Programming Mesin CNC.

 

Mustaza Ma’a, S.T.,M.T. sebagai Instruktur pelaksana menyampaikan, di tengah gencarnya persaingan global saat ini, laboran dan guru SMK merupakan garda terdepan dalam mempersiapkan lulusannya agar mampu bersaing di tingkat internasional. PUT PCR hadir dengan visi menjadi pusat teknologi yang inovatif, bermutu dan prima dalam pelayanan di bidang otomasi pada umumnya , dan CNC pada khususnya.

“Seiring dengan visinya tersebut, maka PUT PCR membangun kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknologi otomasi, melalui kegiatan Training Operator dan Programming CNC ini, ” ujarnya.

Ditambahkan lagi oleh Mustaza, kegiatan training ini membuka peluang untuk Laboran PCR Biasa dan guru SMK untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya sehingga bisa menghasilkan kompetensi lulusan yang diperlukan dalam dunia Industri.

Secara garis besar, materi yang diajarkan adalah tentang bagaimana pengoperasian sebuah mesin CNC milling dan Lathe, serta bagaimana membuata program G-Code untuk mesin CNC Fanuc tipe Oi-MD.

Pada materi Operator CNC, para peserta mendapatkan training tentang bagaimana membaca gambar teknik, pengenalan teknologi CNC, pengenalan Control Panel, Machine Coordinate System (MCS) dan Workpiece Coordinate System (WCS), pengenalan dan persIapan alat potong dan alat bantu proses CNC , Manually Data Input (MDI), Edit program dan Dry Run serta Running CNC Machine. Sedangkan pada materi Programmer CNC para peserta mendapatkan training mengenai pengenalan Teknologi CNC, pengenalan pemograman CNC, simulasi program, Transfer Data Program serta Running Program.

Training Operator dan Programmer CNC ini didukung oleh peralatan yang memadai dalam proses pelaksanaanya. Para peserta mendapat fasilitas peralatan studio gambar, CNC miling with fanuc Oi-MD Control, CNC Lathe with fanuc Oi-TD Control,CNC Lathe with siemens Sinumeric-208C Control serta Caddy

“Dengan adanya training ini, diharapkan kompetensi, kapasitas dan kapabilitas peserta baik Laboran PCR maupun guru SMK bidang otomasi khususnya CNC dapat meningkat. Serta mampu menjawab tantangan dimana lulusan yang diajarkannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia industri di masa depan,” papar Mustaza.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar