Pengabdian Kepada Masyarakat, Elva Memberikan Pengetahuan Robotika kepada 186 Siswa MTS Al-Itihad Rumbai

Pekanbaru (12/7) - Elva Susianti, S.ST., MT., dosen program studi Teknik Elektronika memberikan pengetahuan tentang Robotika kepada siswa siswi MTS Al-Itihad di Auditorium Politeknik Caltex Riau, Jumat 12 Juli 2019.

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh para dosen yang menjadi bagian dari Tridarma perguruan tinggi. 

 

Kegiatan yang dihadiri 186 siswa kelas 8 dan 9. Elva menjelaskan kepada para siswa dan guru terkait robotika mulai dari sejarah, perkembangan hingga tahap-tahap membuat robot.

"Ada 3 bagian utama dari sebuah robot. Yaitu Bagian elektronika, mekanika dan pemrograman," Katanya.

Ia menjelaskan bagian elektronika ini terdiri dari otak robot atau mikrokontroler, sistem kontrol, serta sensor dan aktuator. Selanjutnya yakni bagian mekanik. Pada bagian ini, perlu disikusi lanjut,  bagaimana disain akhir yang di harapkan, penempatan sensor dan aktuator dan dimensi. Bagian terakhir yakni pemrograman yang berkaitan dengan kecerdasan serta algoritma dari robot tersebut.

Sementara itu Ropai selaku salah satu guru yang hadir pada kegiatan ini mengatakan ini kegiatan yang bermanfaat untuk memberi gambaran kepada siswa, jenjang studi mana yang akan di tuju berikutnya.

“Kegiatan pengenalan robotika ini sangat bagus khususnya untuk para siswa MTS Al-Itihad. Mereka bisa mendapatkan pengetahuan baru dan memunculkan minat siswa tersebut terhadap robotika kedepannya,” Pungkasnya 

 

  • Berita
Bagikan ke teman