Dosen PCR Gelar Pelatihan Teknik Splicing Fiber Optik di SMKN 1 Rengat

Pekanbaru (4/4) –Politeknik Caltex Riau sukses menggelar pelatihan teknik splicing fiber optic bagi guru dan siswa jurusan teknik computer jaringan SMKN 1 Rengat yang dilaksanakan pada hari senin, 1 April 2019.

 

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen dari program studi Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektronik Telekomunikasi Politeknik Caltex Riau. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh para dosen yang menjadi bagian dari tridarma perguruan tinggi. 

Kegiatan diawali oleh presentasi tentang profil program studi Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektronika Telekomunikasi oleh Noptin Harpawi, S.T., M.T. Kemudian dilanjutkan Dr. Emansa Hasri Putra, S.T., M.Eng. yang menjelaskan tentang teknologi fiber optic dan splicing. Serta pelatihan teknik splicing oleh Muhammad Diono, S.ST., M.T.

Kegiatan ini diikuti oleh guru dan siswa Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Rengat, Indragiri Hulu. Suswantia yang merupakan siswa dari jurusan TKJ ini mengatakan banyak mafaat yang diterima dengan adanya pelatihan ini.

“Kami mendapat ilmu baru dengan adanya pelatihan dari bapak-bapak dosen Politeknik Caltex Riau. Kami bisa mengetahui teknik dan langsung melakukan pelatihan bagaimana cara menyambungkan kabel fiber optic,” Ujarnya

Hal senada juga dikatakan Ketua Jurusan TKJ SMKN 1 Rengat R Sri Apri Yetti, S.Kom. Kegiatan ini bernilai positif dan memberikan ilmu praktek fiber optic kepada para siswa dimana selama ini hanya bisa dilihat di internet saja.

Para peserta sangat antusias untuk bertanya tentang teknik splicing FO dan sangat senang bisa mencoba sendiri untuk menyambung (splicing) FO dengan berhasil. Acara ditutup dengan pemberian cenderamata oleh tim PCR kepada ketua jurusan TKJ SMKN 1 Rengat Indragiri Hulu.

 

  • Berita
Bagikan ke teman