Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PCR Gandeng PT Yokogawa Indonesia untuk Kerja Sama Kampus Merdeka Vokasi

Pekanbaru (13/8) – Politeknik Caltex Riau (PCR) dan PT Yokogawa Indonesia sepakat menjalin kerja sama. Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan secara daring pada hari Kamis, 12 Agustus 2021.

 

Kegiatan diawali oleh sambutan dari Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T., kemudian dilanjutkan sambutan dari Chief Operating Officer (COO) PT Yokogawa Indonesia Fatmadian Darman dan dilanjutkan dengan seremoni penandatanganan MoU serta PKS.

Dalam sambutannya, Yanuar mengucapkan terimakasih atas kesediaan waktu manajemen PT Yokogawa Indonesia untuk berkolaborasi dengan Politeknik Caltex Riau dalam rangka mendukung Kampus Merdeka Vokasi.

“Keterlibatan menyeluruh dan mendalam dari dunia industri dan dunia kerja sebagai bentuk realisasi program kampus merdeka vokasi sangat diperlukan. Hal ini akan menjadi akselerator bagi perguruan tinggi vokasi untuk mencapai target indikator kinerja utama dengan melakukan kolaborasi melalui link and match dengan industri,” ungkapnya

Yanuar juga mengungkapkan bahwa integrasi dunia industri dan perguruan tinggi semakin erat dalam pengembangan program-program untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mutu lulusan perguruan tinggi vokasi khususnya Politeknik Caltex Riau.

“Kerja sama yang dilakukan antara PCR dan PT Yokogawa Indonesia ini dilakukan dalam bentuk pengembangan kurikulum berdasarkan kebutuhan industri, dosen tamu industri serta kerja praktik/magang bagi mahasiswa. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di PCR serta lulusan yang memiliki kompetensi, kemampuan leadership serta etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja dan dunia industri,” pungkasnya

Sementara itu, COO PT Yokogawa Indonesia Fatmadian Darman mengatakan bahwa Yokogawa dan PCR sebenarnya sudah lama menjalin kerja sama khususnya menerima mahasiswa untuk melakukan OJT dan kerja praktik. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2012.

“Kami sangat senang dapat melakukan MoU dan PKS dengan PCR sehingga bisa aktivitas yang kita lakukan memiliki fondasi yang jelas dan tentu akan semakin bermanfaat untuk masa depan. PT Yokogawa sangat berkomitmen dalam mendukung pengembangan masyarakat terutama dari sektor pendidikan dan teknologi,” katanya

Senada dengan Direktur PCR, Fatmadian juga berharap dengan adanya kerja sama antara PCR dan PT Yokogawa Indonesia dapat meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas lulusan yang kompeten sehingga dapat bersaing secara global.

Kegiatan seremoni penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Direktur PCR dan COO PT Yokogawa Indonesia. Sedangkan untuk penandatangan Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Ketua Program Studi D3 Teknik Elektronika Putri Madona, S.S.T., M.T. dan COO PT Yokogawa Indonesia Fatmadian Darman.

Setelah kegiatan seremoni penandatanganan MoU dan PKS, kegiatan dilanjutkan oleh presentasi profil kampus Politeknik Caltex Riau yang disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Pemasaran, Kerja Sama dan Industri Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng.. Acara ditutup dengan paparan profil PT Yokogawa Indonesia oleh Dept Head QHSE Febri Andriani. Pada paparan tersebut juga dijelaskan informasi dan tinjauan tentang kinerja lulusan Politeknik Caltex Riau yang saat ini menjadi engineer di PT Yokogawa Indonesia. Setidaknya terdapat 12 Orang lulusan PCR yang saat ini bekerja di PT Yokogawa Indonesia. Mereka berasal dari program studi di Jurusan Teknologi Industri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Adri Kurniawan Dept Head HR&GA PT Yokogawa Indonesia, Fajar Radzky Moerti Staff HR PT Yokogawa Indonesia, Ardiyanti Aulia Project QA PT Yokogawa Indonesia, Dr. Hendri Novia Syamsir, S.T., M.Eng. serta staf pengajar di program studi D3 Teknik Elektronika

  • Berita
Bagikan ke teman