PCR Gandeng APSB Malaysia Kembangkan Aplikasi Pembelajaran Gramatikal Bahasa Arab untuk non arabic Speaker

Pekanbaru (2/8) – Politeknik Caltex Riau (PCR) sepakat menjalin kerja sama dengan Advance Pact Sdn Bhd (APSB) melalui project e-Syakl. kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan MoU dan MoA yang dilakukan secara daring pada hari Jumat, 30 Juli 2021.

 

e-Syakl merupakan proyek sosial pengembangan aplikasi pembelajaran gramatikal bahasa arab untuk non arabic speaker. Pengembangan ini didukung penuh pembiayaan oleh Advance Pact Sdn Bhd melalui program CSR.  Advance Pact Sdn Bhd (APSB) merupakan sebuah perusahaan Multinasional yang berbasis di Malaysia, APSB bergerak di bidang Healthcare consultancy and services di wilayah Malaysia, Asia Pasific, Asia Timur Dan Timur Tengah.

Kegiatan diawali oleh sambutan Direktur PCR Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. kemudian dilanjutkan sambutan dari Executive Director APSB Mohd Hidzir Khamis.

Dalam sambutannya, mereka sangat mendukung projek e-Syakl yakni pengembangan aplikasi pembelajaran gramatikal bahasa arab. “Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat yang akan menggunakannya” ucapnya

Pada kesempatan ini, Maksum Rois Adin Saf, M.Eng. sebagai project leader mengatakan bahwa latar belakang project pengembangan aplikasi e-Syakl berawal dari tahun 2016-2017 melalui penelitian publikasi terkait algoritma untuk mengenali jenis kalimat dalam bahasa arab dan algoritma untuk memberikan harakat otomatis pada tulisan arab.

project e-Syakl ini pengembangannya akan berlangsung selama 3 tahun hingga tahun 2023 yang dibagi dalam beberapa tahapan. “Pada tahap 1 di tahun 2021 kita akan mengembangkan aplikasi untuk mengembangkan aplikasi untuk pembelajaran Kalimat Arab dan materi pembelajarannya serta pemetaan implementasi algoritma ke dalam materi pembelajaran kalimat arab,” ungkapnya

Maksum juga menambahkan bahwa project e-Syakl ini didukung oleh beberapa orang anggota dari Politeknik Caltex Riau, APSB serta beberapa pakar huruf arab dari dalam dan luar negeri diantaranya, Siti Nurul Izzati dari Malaysia, Liyana dari Singapura, Sa Phi Roh dari Vietnam dan Roaya Arab Saudi.

Adapun anggota dari project e-Syakl ini antara lain adalah Dr. Dadang Syarif SS, S.Si., M.Sc. dan Tuan Haji Shamsulbahrin Ludin selaku dewan penasehat.  Maksum Rois Adin Saf, S.Kom., M.Eng selaku ketua project, Dini Hidayatul Qudsi, S.S.T., M.I.T, Yuliska, S.T., M.Eng., Muhammad Mahrus Zain, S.S.T., M.T.I,

 

  • Berita
Bagikan ke teman