Gubernur Riau Resmikan Mekanikal dan Elektrikal Workshop PCR

Pekanbaru (19/11) – Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. meresmikan Mechanical & Electrical Workshop Politeknik Caltex Riau (PCR). Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita yang dilakukan pada hari Jumat, 19 November 2021 di Kampus Politeknik Caltex Riau.

 

Pembangunan Mechanical & Electrical Workshop ini merupakan salah satu upaya Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) dan PCR untuk terus berbenah dalam meningkatkan daya tamping serta kualitas pendidikan yang disediakan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya, dan di Riau khususnya.

Ketua Umum YPCR Drs. Azhar, M.M. dalam sambutannya mengungkapkan terimakasih atas kesediaan Gubernur Riau untuk hadir dan meresmikan Mekanikal & Elektrikal Workshop.

“Kehadiran Gubernur Riau mempunyai arti tersendiri bagi Sivitas Akademika PCR dan memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal, terampil dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan industri yang berkembang pesat di Provinsi Riau khususnya maupun di Indonesia pada umumnya sebagaimana yang diamanahkan oleh para Pendiri PCR serta dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya

Azhar juga mengatakan bahwa saat ini PCR sudah genap berusia 20 tahun. Banyak capaian yang telah dicapai oleh Politeknik Caltex Riau baik dalam skala Nasional maupun Internasional. Capaian tersebut tidak hanya sisi prestasi mahasiswa namun juga meningkatnya kualitas perguruan tinggi.

“PCR didirikan atas Kerjasama Pemerintah Provinsi Riau dan PT. Caltex Pacific Indonesia (PT CPI). Kampus PCR didirikan diatas lahan seluas 15 ha milik Pemerintah Provinsi Riau. Pembangunan gedung/fasilitas dan penyiapan sumber daya manusia/sumber daya lainnya dilakukan oleh oleh PT CPI dan BP MIGAS. PCR mulai menjalankan proses akademik pada 31 Agustus 2001. PCR mandiri secara finansial sejak 1 Januari 2007. Awal berdiri PCR hanya memiliki 3 Program Studi, hingga saat ini PCR sudah memiliki 11 Program Studi (Prodi) pada jenjang Ahli Madya (D3), Sarjana Terapan (D4) dan Magister Terapan (S2). Dari 11 Prodi tersebut, 63% sudah terakreditasi A. Capaian ini merupakan yang tertinggi di LLDIKTI Wilayah X. Selain itu, PCR juga sudah menghasilkan sebanyak 4599 lulusan yang berkarya di berbagai perusahaan baik di dalalam negeri maupun luar negeri,” ungkapnya

Pembangunan gedung workshop mekanikal & elektrikal yang diresmikan oleh Gubernur Riau hari ini merupakan salah satu tahapan pembangunan fasilitas dalam mencapai visi 10.000 mahasiswa. Mahasiswa pcr saat ini berjumlah 2.158 orang.

Konsultan perencana gedung workshop ini adalah MGC Studio jakarta. KonsultanStruktur dan pengawas adalah CV. Moment Area Pekanbaru. Pekerjaan pembangunan dilaksanakan oleh PT Marbun Konstruktor Indonesia Pekanbaru.

Gedung workshop ini memiliki 7 ruang laboratorium/bengkel kerja, 1 ruang kelas, 2 Ruang kantor, 1 hall dan 1 ruang tamu dengan total luas bangunan 1,180 m2 yang Terdiri dari lantai I seluas 880 m2 dan lantai II seluas 320 m2.

Diakhir sambutan, Azhar juga mengungkapkan bahwa Pekerjaan pembangunan workshop ini dimulai pada 2 November 2020 dan selesai pada 28 Juli 2021 dengan biaya sebesar Rp 9.105.856.000 yang sepenuhnya dari dana yang dimiliki oleh Yayasan Politeknik Chevron Riau.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. dalam sambutannya mengucapkan tahniah dan penghargaan kepada Politeknik Caltex Riau yang pada tahun ini genap 20 tahun berkhidmat bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Riau. Kami turut bangga bahwa PCR telah meraih berbagai capaian yang cemerlang dan terbilang. Banyak harapan yang kami titipkan pada institusi ini, berpartisipasi membantu kami dalam upaya mewujudkan Visi Riau 2019-2024, terutama pada Misi Kesatu, mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, berkualitas dan berdaya saing global melalui pembangunan manusia seutuhnya.

“Alhamdulillah, usaha mewujudkan Riau yang berdaya saing ini selaras dengan visi PCR sebagai Politeknik unggul yang mampu bersaing baik pada tingkat nasional maupun ASEAN. Daya saing anak jati Riau, khususnya lulusan dari PCR bisa dilihat dari hasil tracer study terhadap lulusan yang dilakukan setiap tahun. Hasil tracer study dari tahun ke tahun memperlihatkan bahwa lulusan PCR dapat bersaing dan di terima dengan baik di industri dalam negeri maupun luar negeri,” katanya

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan dan investasi pada bidang sumber daya manusia merupakan pondasi yang sangat penting dalam mendukung program-program pembangunan serta dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan Riau saat ini dan pada masa yang akan datang.

“Kita tidak mau melihat lagi bahwa generasi muda kita hanya menjadi penonton di rumah sendiri atas berbagai kesempatan yang ada di Provinsi ini. Melalui bidang pendidikan ini, kita harus siapkan, kita bekali mereka dengan berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sertifikasi yang memadai sehingga punya kemampuan dan daya saing yang tinggi,” ujarnya

Peluang dan tantangan Riau hari ini dan ke depan tersebut tentu saja tidak bisa lepas dari kesiapan SDM kita semua. Untuk itu kami mengajak semua elemen yang ada di Provinsi Riau, khususnya pada institusi pendidikan tinggi seperti PCR, dunia usaha dan industri, bahu membahu dengan Pemerintah Provinsi Riau mewujudkan kesiapan SDM yang berdaya saing ini. Sinergi dan keselerasan ini akan memberikan dampak dan percepatan yang penting bagi SDM Riau yang berkualitas.

“Kami sangat mendorong dan memberikan dukungan bagi PCR untuk terus mengepakkan sayap meraih visi dan misinya. Kami sangat berharap PCR terus mengembangkan diri menjadi institusi yang lebih besar lagi, sehingga semakin banyak anak-anak Riau yang berkesempatan menimba ilmu di kampus yang baik ini. Usaha-usaha PCR dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa, serta pengembangan institusi teknik dan bisnis yang lebih besar dan terkemuka tentu saja menjadi harapan kita semua. Kami sangat mendukung terhadap program ini. Semoga PCR senantiasa diberikan keberkahan dan kekuatan untuk terus berjaya dan menjadi kebanggaan masyarakat Riau,” pungkasnya

Hadir dalam kegiatan ini, Pengurus YPCR, Direktur PCR, Dr. Mohammad Yanuar Hariyawa, S.T., M.T., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi di Pekanbaru, perwakilan Kepala SMA/SMK/Sederajat di Pekanbaru, perwakilan mitra Industri, mahasiswa, sivitas akademika Politeknik Caltex Riau.

 

  • Berita
Bagikan ke teman