Politeknik Caltex Riau jalin kerja sama (MoU) dengan Tiga Perguruan Tinggi Swasta di LLDIKTI Wilayah X

Pekanbaru (16/11) – Politeknik Caltex Riau (PCR) sepakat menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi swasta di LLDIKTI Wilayah X antara lain adalah Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Pasir Pangaraian (UPP) dan Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh (Politani PYK). Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pada hari Senin, 15 November 2021 di Auditorium Universitas Islam Riau.

 

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur PCR yang diwakili oleh Pembantu Direktur Bidang Pemasaran Akademik dan Alumni Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng dengan masing-masing pimpinan perguruan tinggi antara lain Prof. Dr. Syafrinaldi, , SH, MCL dari Rektor UIR, Dr. Hardianto, M.Pd. dari Rektor UPP dan Ir. Elvin Hasman, MP Direktur Politani PYK.

Ihsan mengatakan bahwa kegiatan penandatanganan kerja sama ini difasilitasi oleh LLDIKTI Wilayah X. “Terimakasih kepada LLDIKTI Wilayah X yang sudah memfasilitasi perguruan tinggi swasta untuk bisa jalin kerja sama. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah X,” ujarnya

Ihsan juga mengatakan bahwa PCR selalu bersedia untuk saling kerja sama dengan perguruan tinggi. “Tidak hanya dengan perguruan tinggi, PCR selalu bersedia saling kerja sama dan berkolaborasi dengan semua pihak. Kerja sama ini tidak hanya sekedar tanda tangan MoU saja, namun paling tidak ada kegiatan yang bisa dikerjakan bersama untuk meningkatkan kualitas atau menciptakan sesuatu hal seperti riset, pengabdian kepada masyarakat, atau hal lainnya. Sehingga dapat bermanfaat bagi perguruan tinggi,” ungkapnya

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA dalam sambutan kegiatan ini menyampaikan peluang kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta di bidang tridharma perguruan tinggi.

Dilansir dari laman LLDIKTI Wilayah X Prof. Herri mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi. Bantuan beasiswa bagi dosen untuk studi lanjut serta memfasilitasi dosen maupun mahasiswa membangun daerah lewat program bersama.

"Prinsipnya, sharing dan caring. Perguruan tinggi bersama Pemerintah Provinsi Riau saling berbagi praktik baik dalam memajukan dan mengembangkan potensi daerah," ucap Kepala Lembaga.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Jenri Salmon Ginting mengatakan Pemprov Riau mendukung dan siap bekerja sama dengan berbagai elemen terutama perguruan tinggi dalam mewujudkan sumber daya unggul berdaya saing.

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melahirkan program terbaik yang bermanfaat bagi masyarakat. Mari kita sukseskan program kerja sama ini. Sendiri kita tak akan kuat, bersama kita menjadi hebat," kata Jenri.

Sementara itu, tuan rumah penandatangan MoU MBKM, Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. Syafrinaldi, , SH, MCL mengajak pimpinan perguruan tinggi bersama-sama menindaklanjuti kerja sama implementasi MBKM.

"UIR sangat menharapkan kerja sama ini ditindaklanjuti dengan baik. Tidak sebatas parade tanda tangan. Kita saksikan bersama dan kita realisasikan bersama progaram Merdeka Belajar Kampus Merdeka," ucap Rektor.

Hadir dalam kegiatan ini Universitas Islam Riau, Universitas Baiturrahmah, Universitas Bung Hatta, Universitas Abdurrab, Universitas Pasir Pangaraian, Politeknik Caltex Riau, Insitut Teknologi Pertanian Pelalawan, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia dengan Universitas Andalas, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh, Pemerintah Provinsi Riau, APTISI Wilayah X A

  • Berita
Bagikan ke teman