Teknik Mekatronika Reakreditasi melalui LAM Teknik, Optimis Raih Hasil Ungul

Pekanbaru (22/6) - Program Studi (Prodi) D3 Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) menjalani proses Asesmen Lapangan terkait dengan reakreditasi yang dilakukan oleh tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik) pada 20-21 Juni.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana proses akreditasi dilaksanakan oleh BAN-PT, saat ini untuk Teknik Mekatronika proses akreditasi melalui LAM Teknik.

Ketua Program Studi Teknik Mekatronika Made Rahmawaty S.T., M.Eng. mengatakan bahwa proses asesmen lapangan ini akan dilakukan selama dua hari bersama dua orang asesor yang ditunjuk oleh LAM Teknik.

“Selamat datang untuk Dr. Syarif Hidayat, Dipl. Ing., M.T. dan Dr. Setia Abikusna, S.T., M.T. di Kampus PCR. Alhamdulillah, tahun ini proses asesmen lapangan re-akreditasi prodi Teknik Mekatronika dilakukan secara luring.” Ucapnya

Rangkaian kegiatan asesmen lapangan diawali dengan konfirmasi data dan informasi yang menyangkut tata pamong, tridharma, sarpras, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi yang diikuti oleh seluruh pimpinan yang terkait.

Setelah itu, dilanjutkan sesi konfirmasi data laporan kinerja program studi (LKPS) yang dijadikan dasar pernilaian butir kuantitatif oleh para asesor. Kemudian dilanjutkan dengan bagian penjaminan mutu internal PCR untuk mengukur kualitas pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI yang meliputi seluruh siklus PPEPP di Politeknik Caltex Riau. Agenda terakhir pada hari pertama adalah sesi wawancara bersama alumni dan pengguna alumni dari prodi Teknik Mekatronika.

Made juga mengungkapkan bahwa proses reakreditasi Teknik Mekatronika merupakan program studi pertama yang diakreditasi oleh LAM. Instrumen yang digunakan adalah instrumen 9 kriteria yang sedikit berbeda dengan instrumen yang biasa digunakan oleh BAN-PT.

“Ini menjadi pengalaman pertama bagi PCR khususnya di prodi Teknik Mekatronika terhadap proses akreditasi di LAM. Instrumen dan prosedur yang diterapkan sedikit berbeda dengan akreditasi di BAN-PT. Kami berharap Teknik Mekatronika dapat meningkatkan peringkat akreditasi A saat ini menjadi peringkat Unggul” ungkapnya

Kegiatan asesmen lapangan pada hari kedua asesor melakukan kunjungan langsung ke seluruh laboratorium yang biasa digunakan mahasiswa Teknik Mekatronika dan seluruh fasilitas pendukung aktivitas mahasiswa lainnya seperti perpustakaan, gelanggang olah raga, kantin, ruang kesehatan.

Pada penutupan sesi hari kedua dan sekaligus mengakhiri kegiatan Asesmen Lapangan, Asesor memberikan catatan hasil asesmen berupa apresiasi dan rekomendasi terhadap proses pendidikan yang sudah dilaksanakan Politeknik Caltex Riau, khususnya Teknik Mekatronika. Dalam kesempatan ini Made mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi pada proses reakreditasi prodi Teknik Mekatronika.

“Terimakasih untuk tim akreditasi atas kerja kerasnya dalam dua tahun ini, kemudian para alumni, pengguna alumni, dosen dan staf serta adik-adik mahasiswa yang turut menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para asesor,” pungkasnya

Sementara itu Direktur PCR Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T berharap asesmen lapangan ini berjalan dengan baik dan lancar, serta hasil dari proses ini dapat meningkatkan peringkat akreditasi prodi Teknik Mekatronika menjadi Unggul.

  • Berita
Bagikan ke teman