Teknik Mekatronika PCR Raih Akreditasi Unggul

Pekanbaru (23/8) - Program Studi D3 Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik). Hasil Akreditasi ini tertuang dalam surat keputusan LAM TEKNIK Nomor: 0035/SK/LAM Teknik/VD3/VIII/2022 tertanggal 21 Agustus 2022.

 

Ketua Program Studi Teknik Mekatronika Made Rahmawaty S.T., M.Eng. mengatakan, hasil tersebut adalah buah kerja keras seluruh pihak, terutama Tim Akreditasi Program Studi Teknik Mekatronika (PSTM), sivitas akademika Politeknik Caltex Riau serta pihak-pihak eksternal. Menurutnya, akreditasi bukanlah tujuan akhir tapi konsekuensi bagaimana prestasi ini dipertahankan dan terus melakukan peningkatan indiakator yang ada.

“Tentunya ini adalah kebanggaan luar biasa. Terimakasih atas kerja keras dan dukungan seluruh elemen yang turut mensukseskan kegiatan re-akreditasi Prodi Teknik Mekatronika. Sertifikat akreditasi dapat diunduh di website Politeknik Caltex Riau https://pcr.ac.id,” ujar Made

Program Studi D3 Teknik Mekatronika menjadi Program Studi pertama di Politeknik Caltex Riau yang berhasil meraih akreditasi Unggul. Pencapaian ini semakin menunjukkan keseriusan PCR dalam meningkatkan kualitasnya sebagai perguruan tinggi yang unggul, berkompeten sehingga mampu bersaing dalam bidang teknologi dan bisnis terapan.

Made juga mengatakan bahwa program studi D3 Teknik Mekatronika saat ini sudah transformasi menjadi D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika, hasil akreditasi ini diharapkan dapat membantu dalam proses surveilen akreditasi D4 selanjutnya dan berharap hasilnya dapat mempertahankan status akreditasi Unggul.

“Program Studi D3 saat ini sudah tidak menerima mahasiswa baru lagi, namun masih bisa meluluskan mahasiswa hingga tahun 2023. Mahasiswa yang saat ini aktif mulai angkatan 2020,2021 hingga 2022 sudah otomatis menjadi mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika.

Sementara itu, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. mengatakan, setelah mendapat kabar bahwa akreditasi PSTM mendapat predikat Unggul, ia merasa bangga dan terharu.

“Alhamdulillah, ini merupakan hasil terbaik yang diraih oleh PSTM pada proses akreditasi ini. PSTM merupakan program studi pertama PCR yang melakukan proses akreditasi menggunakan 9 kriteria standar dan dilakukan oleh LAM Teknik. Terimakasih untuk semua sivitas akademika Politeknik Caltex Riau. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen, staf tendik, pengguna alumni, alumni PSTM serta orang tua yang turut berkontribusi atas capaian yang diraih oleh PSTM pada proses reakreditasi ini,” ujarnya

Dadang juga berharap momento hasil akreditasi yang diraih ini dapat menjadikan acuan dari program studi lainnya di PCR dalam menyusun borang akreditasi kedepannya menggunakan 9 kriteria standar.

Bagikan ke teman