Gali Potensi Anggota Baru, HIMAKOM PCR Gelar Student Association Essentials I

Pekanbaru (3/11) – Dalam rangka menggali potensi mahasiswa generasi 2022 Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK), Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HIMAKOM) PCR gelar Student Association Essentials I. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2022 di Perpustakaan PCR. 

 

Student Association Essentials I merupakan model pengenalan himpunan mahasiswa untuk generasi baru HIMAKOM dengan mengadopsi model pelatihan dari National Multiplication Training (NMT). Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi tentang kondisi HIMAKOM saat ini seperti struktur organisasi, program kerja, dan kabinet. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mengumpulkan harapan dari generasi baru G22 terhadap HIMAKOM.

Ketua PSTRK Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai seleksi awal untuk melihat potensi dari mahasiswa baru G22.

“Kita mencari sosok khususnya dari mahasiswa baru G22 yang memiliki leadership, teamwork, kemampuan komunikasi serta menyampaikan pendapat. Hal ini sebagai bentuk regenerasi dan sebagai calon pemimpin HIMAKOM masa depan,” katanya

Yoanda juga menyebutkan bahwa kegiatan ini dibimbing dan bekerjasama dengan perwakilan angkatan G19, G20, dan G21

Kegiatan dilaksanakan satu hari penuh di perpustakaan PCR. Student Association Essentials I terbagi menjadi 3 fase utama yaitu Gallery Walk HIMAKOM HEBAT, Problem Brainstorming menggunakan Mind Mapping, dan Solution Finding menggunakan Eisenhower Matrix.

Kegiatan dimulai dengan Smashing Boundaries untuk perkenalan awal dari setiap peserta yang terlibat. Peserta diminta untuk berkenalan dan mengingat hobi, tokoh idola, dan hal-hal positif dari lawan bicara selama 1 menit.

Kemudian, peserta dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan hasil  DISC Personality Test. Pembagian peserta disesuaikan fokus masing-masing kelompok yaitu Leadership, Program Management, Academic Sharing, HIMAKOM Next Generation, dan Plan Your Study. Di setiap kelompok juga akan disebar seorang perwakilan angkatan G19, G20, dan G21.

Fase 1 HIMAKOM HEBAT dimulai dengan presentasi dari perwakilan angkatan tentang kondisi HIMAKOM saat ini dan untuk mahasiswa baru menuliskan harapan organisasi di masa depan. Selanjutnya, setiap kelompok melaksanakan Gallery Walk untuk melihat hasil diskusi kelompok lain berdasarkan fokus yang diberikan.

Kemudian fase 2 Problem Brainstorming menggunakan Mind Mapping untuk memetakan masalah yang mungkin terjadi di sebuah organisasi dan yang pernah terjadi di HIMAKOM. Setiap kelompok dengan fokus pembahasannya akan menuangkan potensi masalah tersebut dalam bentuk Mind Map. Sambil menyumbangkan pendapat, generasi baru HIMAKOM akan mendapatkan penjelasan terkait masalah-masalah tersebut dari perwakilan angkatan.

Setelah mengidentifikasi pada fase 2 dan fase 3 fokus pada solusi dari setiap masalah yang ditemukan. Solusi-solusi tersebut dituliskan dalam meta card yang dibatasi maksimal 3 kata. Kemudian, meta card akan ditempelkan dalam Eisenhower Matrix yang dapat mengklasifikasikan solusi menjadi Urgent/Not Urgent serta Important/Not Important di masing-masing kuadran nya.

Di akhir kegiatan, seluruh hasil diskusi, mind map, dan Eisenhower Matrix dikumpulkan akan menjadi evaluasi dan masukkan bagi kepengurusan HIMAKOM berikutnya.

Yoanda juga berharap kedepannya program ini tetap dilanjutkan dan dikelola mandiri oleh pengurus HIMAKOM dengan topik pembahasan communication skill, project action plan untuk program kerja, dan keterampilan lain terkait keorganisasian.

  • Berita
Bagikan ke teman