PSTRK PCR Gelar Workshop Pemuktahiran Peta Jalan Keunggulan Program Studi

Pekanbaru (24/10) – Dalam rangka pemuktahiran keunggulan program studi, Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK) menggelar workshop pemuktahiran peta jalan. Kegiatan ini telah berlangsung pada hari kamis, 6 Oktober 2022 di Gedung Direktorat R.203 Kampus Politeknik Caltex Riau.

 

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. Peserta kegiatan ini antara lain Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan PCR Maksum Rois Adin Saf, S.Kom., M.Eng.  Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi Jurusan Teknologi Informasi PCR, dosen dan perwakilan kelompok bidang keahlian Operating System and Computer Network (OSCN), serta Dosen PSTRK dan perwakilan mahasiswa PSTRK. Peserta dari dan Ibu dosen PCR yang hadir juga merupakan anggota aktif dari Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM), Riau.

Kegiatan dimulai dengan paparan profil PSTRK tentang profil lulusan, kompetensi, struktur kurikulum, sertifikasi, dan peluang kerja lulusan PSTRK. Paparan profil PSTRK disampaikan oleh Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer, Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.Sc.

Yoanda juga mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan dokumen yang akan menjadi acuan bagi sivitas PSTRK selama 15 tahun mendatang.

“Saat ini, PSTRK telah memiliki Peta Jalan Tata Kelola yang sesuai dengan Rencana Strategis PCR. Namun, Peta Jalan Tata Kelola ini belum mempertimbangkan unsur perkembangan keilmuan terkait bidang yang mendukung profil lulusan PSTRK. Bidang keilmuan yang saat ini banyak dibahas seperti Digital Twin, Society 5.0, Blockchain, Hyper Automation, dan DevSecOps. Untuk itu, kegiatan workshop ini kami mengundang perwakilan industri dan asosiasi perguruan tinggi komputer untuk mendapatkan gambaran dan masukkan tentang perkembangan keilmuan di PSTRK khususnya dari bidang keilmuan yang kita  bahas atau ada bidang ilmu lainnya,” katanya

Ia juga menambahkan bahwa peserta workshop juga ikut berkontribusi memberikan pandangan dan masukkan bagi PSTRK. Perhatian lebih pada soft skill, ethics, dan project management menjadi pembahasan utama. Peserta juga menanyakan tentang potensi riset dan pendanaan dari CISCO yang bisa diakses melalui https://research.cisco.com

Kemudian, sesi selanjutnya pemaparan dari Adri Gautama, S.T., M.T. dari NetAcad Indonesia dengan tema data kebutuhan dunia terhadap sumber daya manusia dengan kompetensi jaringan dan cyber security serta kurikulum CISCO yang untuk mempersiapkan kompetensi tersebut. 

Pada kesempatan ini, Adri juga menjelaskan tentang potensi pengembangan kurikulum dengan penguatan di bidang Developer Network, Cyber Security berbasis AI dan Data Analyst. Selain itu, penerapan Hybrid Work dan penggunaan perangkat dari multi vendor yang membutuhkan sertifikasi juga menjadi perhatian ke depan. Terkait dengan IoT, kompetensi terkait Cloud IoT, LoRA, dan sertifikasi IoT Specialist juga penting.

Di akhir paparan,   Adri menutup dengan pandangan tentang perkembangan keilmuan terkait profil lulusan PSTRK kedepannya berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh tim internal CISCO.

Kegiatan ini didukung Hibah Competitive Fund 2022, Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Selain laporan kegiatan, luaran kegiatan ini adalah Dokumen Implementasi Peta Jalan Keunggulan Program Studi Sarjana Terapan sampai dengan 15 tahun mendatang sesuai Renstra PCR. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi penguatan program studi PSTRK pada pendidikan tinggi vokasi untuk memenuhi kebutuhan industri.

  • Berita
Bagikan ke teman