Klasterisasi Penelitian dan PkM PCR Naik menjadi Utama

Pekanbaru (13/3) – Politeknik Caltex Riau (PCR) alami peningkatan pada klasterisasi perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi menjadi Utama. Penetapan klasterisasi diterima berdasarkan surat yang dikirimkan Kemendikbudristek Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 0183/E5.5/AL.04/2023 perihal Pengumuman Klasteriasasi Perguruan Tinggi pada hari Rabu, 8 Maret 2023. 

 

Klasterisasi perguruan tinggi ini berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode 2019 hingga 2021.  

“Alhamdulillah, tahun ini kita mengalami peningkatan klasterisasi perguruan tinggi dari Madya menjadi Utama berdasarkan kinerja dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya peningkatan ini, Kita dapat lebih banyak mengajukan pendanaan berupa program penelitan dan PkM kepada pemerintah. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi PCR dan mitra,” ungkap Kabag Penelitian dan Pengabdian kepada Maysarakat Anggy Trisnadoli, S.S.T., M.T. 

Ia juga mengatakan bahwa pada klasterisasi ini, data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah di verifikasi dan validasi oleh verifikator. 

“Data yang diperhitungkan pada klasteriasasi ini antara lain adalah penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (IPRs), dan buku (book),” katanya 

Anggi juga berterima kasih dan serta terus mengajak seluruh dosen PCR untuk selalu memperbaharui informasi dan kelengkapan data terkait kegiatan P2M akun SINTA nya. 

Klasterisasi ini bukanlah pemeringkatan, namun merupakan pengelompokkan perguruan tinggi sesuai dengan kualifikasi kinerja perguruan tinggi sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. 

Klasterisasi perguruan tinggi sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

 

Bagikan ke teman