Dosen PCR Berikan Workshop UI UX ke Siswa SMKN 7 Pekanbaru

Pekanbaru (1/11) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan , sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi sistem informasi Politeknik Caltex Riau memberikan Pelatihan User Interface (UI) User Experience (UX) ke SMK Negeri 7 Pekanbaru.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Materi pembahasan yang diangkat pada pelatihan ini yaitu dasar-dasar dari UI/UX design atau jika digolongkan ke dalam level kemampuan adalah Beginner. Diantara beberapa materi yang dipaparkan oleh pemateri adalah mengenai tahapan-tahapan awal untuk membangun sebuah rancangan desain User Interface. Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan tentang istilah-istilah apa saja yang biasa ditemui oleh desainer-desain UI/UX.

Adapun sedikit pengertian dari UI design adalah tampilan visual dari sebuah produk yang menjadi penghubung antara pengguna dan juga sistem, sedangkan UX adalah interaksi pengguna ketika menggunakan produk. Kedua produk yang dimaksud adalah produk digital yang umum digunakan dan biasa diakses melalui gadget dan media sosial. Pelatihan UI/UX tersebut menggunakan tools figma untuk membentuk tampilan sesuai keinginan pengguna.

Pada Program PkM ini, Pihak sekolah membantu dalam penyediaan peserta Workshop yaitu siswa/i jurusan RPL yang akan diberikan pelatihan dan juga memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Mutia Sari Zulvi, S.S.T., M.M.S.I. selaku ketua PKM, anggota Nina Fadilah Najwa, S.Kom., M.Kom. dan Dini Hidayatul Qudsi, S.S.T, M.I.T.

Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Fatur Raihan Ajie Maulana, Sari Wahyuni, Fadhil Parmata dan Jehan Anisa Humairah.

Mutia mengungkapkan bahwa tujuan dilakukan program PkM dengan bentuk pelatihan ini sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta tentang UI/UX dalam pembuatan produk yang dibutuhkan pengguna. “Harapan kita semua dengan adanya pelatihan UI/UX ialah bisa menciptakan produk yang berfokus pada pengalaman pengguna artinya perlu menghadirkan fitur-fitur, kemudahan navigasi, dan tampilan yang memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna," ungkapnya.

Dari hasil evaluasi kepuasan kegiatan, para peserta memberikan feedbaik yang baik bahwasanya kegiatan ini memberi wawasan baru bagi mereka terkait pengembangan website menggunakan UI/UX. Para peserta berharap kegiatan pelatihan ini terus berlanjut lagi kedepannya.

  • Berita
Bagikan ke teman