Dosen dan Mahasiswa PCR Berikan Pelatihan IoT untuk SMAN 3 Pekanbaru

Pekanbaru (13/11) – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sejumlah dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika memberikan Pelatihan Internet of Thigs (IoT) bagi siswa SMAN 3 Pekanbaru.

 

Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 November 2023 di Laboratoium Elektro Desain dan Pemrograman Politeknik Caltex Riau.

Retno Tri Wahyuni, S.T., M.T. mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi perwakilan siswa SMAN 3 Pekanbaru untuk mendukung pelaksanaan P5 (Projek Penguat Profil Pelajar Pancasila) topik Rekayasa Teknologi pada Kurikulum Merdeka Belajar.

”Kita ketahui bersama bahwa P5 merupakan struktur pembelajaran yang disusun pemerintah dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di tingkat sekolah. Pada P5 terdapat 7 topik dimana salah satu diantaranya adalah topik Rekayasa dan Teknologi. Struktur pembelajaran berupa projek ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik melalui kolaborasi antar sesama siswa dan siswa memiliki kebebasan untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki,” ujarnya

Retno juga menambahkan pada kegiatan pelatihan ini, siswa diberi pengetahuan dan langsung praktek membuat aplikasi sederhana berbasis IoT seperti control lampu, monitoring suhu dan kelembaban, monitoring intensitas cahaya dari jarak jauh menggunakan aplikasi Blynk. Pada kegiatan tersebut seluruh peserta mengikuti kegiatan pelatihan dengan antusias dan berniat untuk mengimplementasikan sistem IoT sebagai projek P5 di sekolah pada semester mendatang.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika (TRSE) Politeknik Caltex Riau. Pada kegiatan ini melibatkan dosen, pranata laboraturium dan juga mahasiswa TRSE. Modul praktek IoT juga dibangun sendiri melalui perkuliahan berbasis Problem Based Learning.

Sebagai tindaklanjut kegiatan ini, program studi TRSE membuka kesempatan bagi sekolah yang ingin mendapatkan pelatihan di bidang IoT untuk mendaftarkan diri sebagai peserta. Begitu juga bagi sekolah yang ingin memiliki modul praktek IoT dapat memesan modul tersebut yang akan disertai dengan training penggunaan modul.

  • Berita
Bagikan ke teman