PCR Gelar Seminar Zakat Bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)

Politeknik Caltex Riau (PCR) menggelar seminar zakat, bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) di Ruang 203 PCR pada Jum’at, 8 September 2017.

 

Kegiatan yang bertema “Zakat itu Mudah dan Memberdayakan” ini, menghadirkan Kepala Perwakilan IZI Riau, Bapak Y.J. Sampurna, S.E., sebagai pembicara tunggal.

Sampurna mengatakan, kegiatan seperti ini penting dilakukan, agar dapat lebih meningkatkan kesadaran ummat untuk mengeluarkan zakat. Dan diharapkan nantinya peserta seminar mendapat pemahaman untuk dengan mudah membedakan infaq, sadaqah dan zakat.

“Zakat merupakan merupakan perintah langsung dari Allah. Hukumnya wajib, sama dengan shalat, puasa dan haji,” ujarnya.

Para peserta seminar yang terdiri dari Dosen dan Staff PCR sangat serius menyimak dan memperhatikan segala yang disampaikan oleh pembicara. Terbukti dari sejumlah pertanyaan dan tanggapan dari peserta saat sesi tanya jawab.

Setelah sesi tanya jawab, Sampurna memperkenalkan Zakat Game. Zakat Game merupakan sebuah papan permainan dengan tema zakat yang informatif dan interaktif, sangat cocok digunakan sebagai media dalam pengajaran dan pembelajaran berkaitan dengan zakat.

Ditambahkan oleh Sampurna, Zakat Game dirancang khusus untuk meningkatkan pemahaman tentang fikih zakat, termasuk berbagai jenis zakat harta seperti pertanian, peternakan, perniagaan, emas, perak, sewa asset dan tabungan serta zakat profesi.

“Berbeda dengan permainan papan lainnya yang menjadikan pemain dengan jumlah uang terbanyak yang menjadi pemenangnya, pada Zakat Game permain yang paling besar berinfaq, sadaqah dan zakatlah yang menjadi pemenang.”

Peserta seminar diajak untuk turut berpartisipasi dalam Zakat Game. Pada kesempatan tersebut seluruh peserta tampak sangat antusias dalam menjalankan permainan Zakat Game. Peserta menjadi lebih memahami perhitungan zakat harta di kalangan amil dan muzakki dan juga termasuk berbagai jenis-jenis zakat.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada peserta, khususnya dalam pengayaan pengetahuan tentang pengelolaan zakat,” ujar Sampurna.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar