Memperkenalkan Potensi Wanita Lulusan Politeknik, PCR Adakan Seminar Wanita Bagi Siswi SMA/SMK Pekanbaru

Pekanbaru (7/11) – Politeknik Caltex Riau (PCR) mengadakan seminar wanita kepada siswi SMA/SMK sederajat yang berada di Pekanbaru. Seminar yang bertajuk Wanita Diploma, Luar Biasa ini dihadiri oleh pembicara dari Kepala Subdirektorat Pengakuan Kualifikasi Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti, Ibu Ir. Dharnita Chandra, M.Si dan juga menghadirkan alumni diploma yang profesional dibidangnya yaitu Ibu Ika Agustina Wahyuningtias sebagai OHS System Development Supervisor Servindo Jaya Utama dan Ibu Westya Fiqhi Shamanta dari PT. Chevron Pacific Indonesia.

 

Seminar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan potensi wanita lulusan Politeknik dan memperkenalkan bahwa wanita lulusan politeknik juga dapat bersaing di dunia industri. Hal ini juga merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan minat wanita untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Vokasi.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi yang disampaikan oleh Ibu Dharnita Chandra. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa revitalisasi politeknik sangat perlu dilakukan guna untuk meningkatkan relevansi pendidikan politeknik dengan kebutuhan industri. Adapun salah satu program yang diusulkan pemerintah adalah pembangunan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Politeknik dan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Senada dengan hal tersebut, PCR juga sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang telah menerapkan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Pada kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan bahwa lulusan pendidikan vokasi di arahkan untuk menjadi seorang pemikir dan profesional di bidangnya karena lebih difokuskan kepada pengasahan skill dibandingkan teori.

Selain pemaparan materi tentang perguruan tinggi vokasi, peserta juga disuguhkan sharing session dari para pakar wanita yang sukses berkarir di perusahaan ternama di Indonesia. Ibu Ika Westya Fiqhi Shamanta dan Ika Agustina Wahyuningtias menyampaikan bahwa wanita juga dapat bersaing di dunia industri yang sekalipun didominasi oleh pria.

Seminar ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh PCR dalam beberapa tahun terakhir dan merupakan wujud PCR untuk mengubah paradigma siswi SMA/SMK sederajat secara khusus dan masyarakat secara umum tentang manfaat kuliah di Politeknik. 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar