Dephub Korem 031 Kenali Instrumen Sistem Komunikasi Radio di PCR

Pekanbaru (21/11) – Politeknik Caltex Riau (PCR) adakan workshop pengenalan instrumen Sistem Komunikasi Radio kepada staf Detasemen Perhubungan Korem 031/Wirabima Pekanbaru. Kegiatan yang merupakan bagian dari pengabdian masyarakat ini langsung dilakukan oleh para staf pengajar Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi di laboratorium Media Transmisi yang dimiliki oleh PCR.

 

Workshop ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas staf Dephub Korem 031/Wirabima dalam penggunaan sistem radio dan menambah pengetahuan terhadap pengenalan instrumen sistem komunikasi radio. Sebagai anggota kesatuan dari TNI, Dephub Korem 031/Wirabima memiliki sistem komunikasi radio yang didukung oleh berbagai jenis alat – alat komunikasi  yang digunakan dalam pelaksanaan tugas negara.

Pada kegiatan ini, staf pengajar Program Studi Teknik Telekomunikasi menjelaskan sistem komunikasi radio yang terdiri dari alat ukur pada penggunaan sistem radio, pemeriksaan sistem, kondisi dan pengujian peralatan, pemeriksaan power suplly, pengecekan antena, bahkan perbaikan pada peralatan yang rusak. Selain itu, Dephub Korem 031/Wirabima diberikan materi dan metode yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang terjadi di lapangan yang disebabkan terbatasnya sumber daya.

Ketua Jurusan Elektro, Bapak Mochamad Susantok, S.ST.,M.T mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan PCR khususnya Program Studi Teknik Telekomunikasi dapat menjawab kebutuhan stakeholder yaitu dalam hal ini Dephub Korem 031/Wirabima yang merupakan bagian dari masyarakat.  Hal ini juga merupakan bagian dari tujuan Program Studi Teknik Telekomunikasi yaitu untuk meningkatkan partisipasi elemen masyarakat mendalami bidang telekomunikasi.

“Pada kegiatan ini Program Studi Teknik Telekomunikasi melakukan sharing knowledge yang diharapkan dapat membantu staf Dephub Korem 031/Wirabima dalam mengoperasikan alat – alat komunikasi yang dimilikinya dengan maksimal”, tambahnya.

Kedepannya, PCR dengan Dephub Korem 031/Wirabima sepakat untuk melakukan kegiatan lain seperti joint research yang akan dituangkan dalam bentuk kerjasama dikedua belah pihak.

Sebagai perguruan tinggi vokasi, PCR tidak hanya menyelenggarakan sistem pendidikan bidang teknologi. Namun PCR juga turut aktif dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini juga tertuang dalam misi PCR dan menjadikan PCR sebagai politeknik yang unggul dalam bidang terapan.

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar