Tim Lado Merah V2.0 PCR Raih Juara Pada Kompetisi FIND IT 2018

Yogyakarta – Politeknik Caltex Riau (PCR) ikut serta dalam kompetisi Future Innovation and Descovering Information Technology (FIND IT) yang dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kompetisi yang dimulai sejak April lalu ini, diikuti oleh berbagai universitas atau perguruan tinggi di Indonesia dengan puncak lomba dilaksanakan pada Sabtu (12/5) di Gedung DTETI UGM.  

 

PCR menurunkan Tim Lado Merah V2.0 yang terdiri dari mahasiswa yaitu Apriantoni, Miftachul Huda, dan Juliana untuk mengikuti kompetisi ini. Pada kompetisi ini, PCR tergabung dalam cabang kompetisi E-Government dengan berbasis Data Mining.

Setiap peserta yang lolos tahap seleksi awal, diwajibkan memposting hasil karya di Youtube Channel yang bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya peserta ke masyarakat.

“Setelah proposal tentang karya yang akan kita buat lolos, setiap tim wajib posting hasil karya dalam bentuk video ke Youtube. Untuk Tim Lado Merah V2.0 bisa di akses dengan keyword #FINDITUGM POTIK,” jelas Muhammad Mahrus Zain, Pembimbing Tim Lado Merah V2.0.

"POTIK ini merupakan aplikasi yang digunakan oleh masyarakat untuk memprediksi pola dan motif batik Indonesia. Selain itu masyarakat juga dapat mengetahui informasi - informasi Batik dan informasi seputar jual - beli Batik yang di Inputkan oleh pemerintah dan pebisnis batik (berbasis web)", tambahnya. 

Pada babak final, Tim Lado Merah V2.0 berhasil meraih juara 3 (tiga) pada kategori lomba E-Goverment dengan  berbasis Data Mining

“Dengan adanya POTIK memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin mengetahui tentang Batik Indonesia dan diharapakan dapat membantu program pemerintah dalam mengenalkan ataupun melestarikan kebudayaan batik Indonesia", ungkap Juliana. 

Sebelumnya, Tim Lado Merah PCR juga berkompetisi dalam ajang GemasTIK 10 tahun 2017 di Universitas Indonesia. Selain itu, PCR juga pernah meraih juara lomba kategori animasi pada GemasTIK Tahun 2016.

"Kami sangat terharu dan bangga bisa menorehkan prestasi kembali pada ajang seperti ini dibidang IT. Harapannya kedepannya kita PCR bisa terus berprestasi,” pungkasnya bangga.

 

Bagikan ke teman