Dukung Smart City, PCR Bangun SIPEPLI Untuk Pemerintah

Pekanbaru (9/8/2018) – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke – 23 Tahun 2018, Politeknik Caltex Riau (PCR) menciptakan Sistem Pendeteksi Parkir Liar (SIPEPLI) yang akan dipamerkan di stand Ristekdikti mulai 9 hingga 12 Agustus 2018.

 

Sistem ini dibuat dan merupakan program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) 2018 dibawah naungan Direktorat Jendral Penguatan Inovasi Kemenristekdikti.

“Sistem ini memanfaatkan kamera pemantau untuk melihat kondisi area parkir dan terhubung langsung ke jaringan internet. Jenis kamera yang digunakan adalah Kamera IP”, jelas Ardianto Wibowo selaku ketua pembuat sistem ini.

Ia menceritakan, awalnya Ia dan Muhammad Ihsan Zul serta 2 orang tim yang membantu lainnya melakukan submit proposal pada akhir 2017 lalu, kemudian Ristekdikti mengundang ke Jakarta untuk melakukan fact finding, yaitu pengecekan langsung dan melihat produk yang ditawarkan. Fact finding ini dihadiri oleh perwakilan Kemenristekdikti serta beberapa pengusaha.

“Setelah fact finding tersebut, akhirnya digali berbagai macam peluang. Yang awalnya sistem ini untuk mendeteksi parkir liar, akhirnya diperluas untuk mendeteksi keramaian, kemacetan analisis kelayakan papan iklan, dan untuk pemantauan keamanan rumah. Jadi selain untuk parkir liar, kita arahkan juga untuk motion detection dan crowded detection.”, tambahnya.

Sistem ini akan menghasilkan produk yang mendukung untuk smart city dan dapat diterapkan di perkotaan. Selain itu, sistem ini memiliki perbedaan dengan sistem pemantau biasa. Sistem ini bersifat autonomous atau otonom, yaitu mampu bekerja sendiri tanpa harus dipantau secara terus menerus.  Informasi yang diberikan langsung secara otomatis dikirim ke email atau media komunikasi lainnya seperti telegram.

“Untuk saat ini kita sudah aplikasikan di kampus PCR dan rumah saya sendiri. Dan tentunya kedepannya ini bisa diproduksi massal dan dapat diterapkan di daerah atau kota di Indonesia”, jelas Ihsan Zul.

Dalam program CPPBT 2018 ini, diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dan masyarakat umum. Untuk Provinsi Riau, perguruan tinggi yang berpartisipasi adalah Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Universitas Riau. Produk – produk dari program CPPBT ini akan dipamerkan di stand Ristekdikti pada HAKTEKNAS 2018.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman