Dosen Jurusan Teknologi Informasi PCR Mengadakan Workshop Pengembangan Aplikasi Web Menggunakan Asp.Net Bagi Guru SMK Se-Pekanbaru

Pekanbaru (8/12) Penguasaan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh guru-guru SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), khususnya pemrograman web. Hal ini selaras dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Menengah nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan. Seperti yang tertuang pada dokumen kurikulum SMK jurusan RPL bahwasanya terdapat matapelajaran Pemrograman Web sebagai matapelajaran kompetensi keahlian RPL. Untuk mendukung guru-guru dalam mempersiapkan materi ajar untuk diberikan kepada peserta didik yang baik dan berkualitas, maka diperlukan peningkatan kompetensinya dalam bentuk pelatihan.

 

Politeknik Caltex Riau, khususnya Jurusan Teknologi Industri memiliki tenaga pengajar yang menguasai pembuatan aplikasi web. Selain itu pelatihan/workshop terkait pengembangan aplikasi (software development) bagi guru-guru TIK SMK di Pekanbaru masih jarang dilaksanakan, sehingga hal inilah yang melatar belakangi pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh tenaga pengajar Jurusan komputer Politeknik Caltex Riau ke guru-guru SMK Pekanbaru untuk membantu guru-guru SMK dapat membuat aplikasi web yang nantinya akan di jadikan oleh guru guru SMK sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah.

Workshop dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2018 disalah satu Laboratorium Politenik Caltex Riau. Workshop ini diikuti oleh 13 peserta dari guru-guru opsi SMK yang ada di Pekanbaru dan sekitarnya. Hasil pelaksanaan workshop ini berupa keterampilan yang diperoleh oleh guru-guru tentang konsep pengembangan web menggunakan ASP.NET. Berdasarkan kesan dari peserta, workshop ini sangat menarik dan bermanfaat bagi peserta didik serta materinya mudah dipahami. Sedangkan pesan dari peserta, diharapkan workshop ini waktunya dapat diperpanjang, materi yang lebih bervariasi dan adanya workshop lanjutan.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman