PCR Berhasil Meraih Juara 1 Pada Lomba Cipta Kepastian

Pekanbaru (5/12) - Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali meraih Juara 1 dan Runner Up 1 pada Lomba Cipta Kepastian yang diselenggarakan Polytechnic Education Development Project (PEDP) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kompetisi Cipta Kepastian merupakan program kompetisi yang tahap seleksinya dilakukan melalui media sosial. Kompetisi ini dimaksudkan untuk mendorong para mahasiswa/mahasiswi politeknik di seluruh Indonesia agar mempromosikan karya dan inovasi terbaik mereka kepada publik di luar lingkungan kampus.

 

Lomba yang diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober hingga 17 November 2018 diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari politeknik-politeknik se-Indonesia. Pada ajang ini, terdapat 5 finalis dimana 2 diantaranya merupakan perwakilan PCR. Kedua perwakilan PCR tersebut antara lain Antony Dermawan dengan inovasi Robot Transformer dan Niko Setiawan dengan inovasi Electrical Distribution Disturbance Notification.

Para finalis mempresentaikan inovasi mereka pada babak final yang diadakan di Politeknik Negeri Malang. Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Seminar Internasional dan Ekspo Pendidikan Politeknik. Hasil inovasi Niko Setiawan berhasil meraih juara 1 nasional, dan Antony Dermawan meraih juara runner up 1.

Niko Setiawan menggungkapkan bahwa acara ini merupakan kesempatan yang besar baginya. Alumni yang baru saja diwisuda ini, juga pernah menjadi finalis di kompetisi nasional GEMASTIK 11 tahun 2018 di ITS Surabaya. “Saya merasa bangga, dan bersyukur diberi kesempatan yg sangat besar dan berharga ini. Selain bisa mempersentasikan hasil karya Saya, Saya juga bisa mendapat pengalaman berharga lainnya di kompetisi skala nasional ini,” ujar Niko Setiawan.

Beliau juga menjelaskan bahwa inovasi yang dikembangkan tidak berhenti sampai di situ, beliau ingin mengembangkan inovasi yang telah dirancang agar menjadi sistem yang layak dipakai dan dapat diproduksi dalam jumlah besar.

Direktur PCR, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid megucapkan selamat kepada para juara, ini merupakan salah satu prestasi yang patut dibanggakan oleh keluarga besar PCR. Prestasi yang baik ini tentu saja didapatkan setelah melalui proses yang baik. Kesungguhan, komitmen dan tentunya dukungan bimbingan dari para dosen

“Atas nama Civitas Akademika Politeknik Caltex Riau memberikan selamat kepada para pemenang. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri khususnya bagi keluarga besar PCR. Menempatkan dua dari lima orang finalis di ajang bergengsi ini sebetulnya sudah menjadi prestasi tersendiri”, Ujarnya 

Ia juga menambahkan prestasi ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan sumber daya manusia sudah setara dengan institusi pendidikan lain yang sudah dianggap maju. Selain itu, karya ini juga menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan memberikan solusi nyata.

“PCR akan selalu konsisten memberikan dukungan bagi seluruh civitas akademika untuk mempelajarai dan mengembangkan dan inovasi-inovasi baru yang berkontribusi dalam memberikan solusi nyata bagi masyarakat”, Pungkasnya.

   

Berita terkait : Mahasiswa Kerja Praktek PCR Ciptakan Alat Pendeteksi Untuk PT. PLN (Persero)

Bagikan ke teman