Executive Director Asian Development BANK Tinjau Perkembangan PCR Terkait Hibah PEDP

Pekanbaru (16/7) – Politeknik Caltex Riau (PCR) menerima kunjungan dari Executive Director Asian Development Bank Syurkani Ishak Kasim beserta Sutarum Wiryono dan Syaifuddin perwakilan dari Polytechnic Education Development Project (PEDP) pada hari Selasa 16 Juli 2019.

 

Kunjungan Asian Development Bank ini dalam rangka untuk melihat perkembangan kampus Politeknik Caltex Riau setelah memperoleh hibah dari projek PEDP. Kegiatan diawali oleh sambutan dari perwakilan Dewan Pembina Yayasan Politeknik Chevron Riau Robinar Djajadisastra, kemudian sambutan dari Executive Director ADB Syurkani Ishak Kasim dan presentasi dampak positif dari program PEDP yang diraih oleh Politeknik Caltex Riau oleh Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc.

Pada presentasi nya, Dadang mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan Asian Development Bank (ADB) terkait program pengembangan pendidikan tinggi vokasi.

“Mewakili Civitas Akademika Politeknik Caltex Riau kami mengucapkan terimakasih atas hibah yang diberikan kepada PCR. Banyak peningkatan yang dicapai melalui hibah ini, di antaranya akreditasi program studi dan prestasi serta kualitas lulusan,’’ ujarnya.

Polytehnic Education Development Project (PEDP) merupakan program pemerintah yang bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) dan didukung oleh Pemerintah Kanada dalam upaya peningkatan mutu pendidikan politeknik-politeknik di Indonesia. Tujuan dari program ini adalah peningkatan kualitas dan relevansi sistem politeknik, peningkatan akses dan kesetaraan lembaga-lembaga politeknik, peningkatan keterlibatan sektor swasta dalam meningkatkan budaya kewirausahaan guna memperkuat daya saing lulusan politeknik, serta memperkuat tata kelola dan penyelenggaran pendidikan politeknik. Proyek ini berada di bawah koordinasi langsung Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

PCR yang merupakan salah satu politeknik swasta terpilih telah menerima hibah dari tahun 2013 hingga 2019. Tahun 2013 hingga tahun 2016 PCR menerima bantuan hibah kompetisi (PHK) dengan total nilai kontrak sekitar 16 milyar. Sementara itu, pada tahun yang sama yaitu tahun 2017, PCR kembali menerima bantuan dari Program Hibah Bantuan Penguatan (PHP) dan Program Hibah Penugasan Lanjut (PHPL) yang berlangsung hingga tahun 2019 ini.  Jumlah nilai kontrak yang diperoleh PCR dari program PHP ini senilai 9,2 milyar dan PHPL senilai 4 milyar.

Sementara itu, Executive Director Asian Development Bank Syurkani Ishak Kasim mengatakan cukup puas dengan apa yang diraih oleh Politeknik Caltex Riau dan berharap untuk semakin lebih baik.

“ADB memiliki concern pada dampak yang diraih dari peminjaman tersebut. Berdasarkan paparan dari Pak Dadang, saya bangga dengan perkembangan dari PCR dari awal menerima hibah hingga saat ini.”, Pungkasnya.

  • Berita
Bagikan ke teman