Kalaborasi dengan PCR, APTIKOM Gelar Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0

Pekanabru (20/8) – Politeknik Caltex Riau bersama Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Riau menggelar Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 di Auditorium PCR, Pekanbaru 19 Agustus 2019.

 

Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 menghadirkan narasumber Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D yang merupakan Asesor dari BAN-PT. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Riau dan sekitarnya.

Ketua APTIKOM Riau Dr. Muhardi, S.Kom., M.Kom. mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penyusunan instumen akreditasi program studi yang terbaru.

“Banyak perubahan yang signigikan pada instrument yang lama ke instrument yang baru ini, maka dari itu kita mengadakan workshop untuk menambah wawasan dan memberikan tips dalam menyusun insturmen akreditas program studi,” ujarnya.

Instrument Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 merupakan instrument proses akreditasi program studi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan mulai berlaku sejak 1 April 2019.

Terdapat perubahan yang signifikan pada IAPS 4.0 jika dibandingkan dengan IAPS 3.0 baik dari sisi konsep maupun mekanisme pelaksanaan. Hal ini menuntut setiap program studi untuk memiliki pemahaman dan persiapan akreditasi yang baik.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh APTIKOM Provinsi Riau.

“Perdana kita adakan, kegiatan ini dihadiri oleh 102 perwakilan dari perguruan tinggi dimana kita hanya menargetkan 50 peserta. Para peserta tidak hanya berasal dari perguruan tinggi di Riau saja, namun juga ada yang datang dari Jambi. Melihat antusias dari perguruan tinggi yang mengirimkan perwakilannya pada kegiatan ini tidak menutup kemungkinan kita untuk mengadakan kegiatan yang serupa,” tambahnya

Ia juga berharap pada kegiatan ini para perguruan tinggi yang akan melakukan reakreditasi program studi nya bisa menghasilkan nilai yang terbaik. Dimana pada saat proses akreditasi yang dinilai pada proses dan outcome nya terhadap kampus.

Sementara itu, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. sangat mendukung dengan kegiatan workshop ini.

“Kami sangat mendukung dengan diadakan kegiatan ini. PCR selalu siap untuk berkalaborasi dengan semua pihak untuk mengadakan kegiatan apapun yang memberikan dampak baik untuk semua pihak,” pungkasnya

  • Berita
Bagikan ke teman