Dosen PCR Gelar Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile iOS kepada Siswa SMK Labor Pekanbaru

Pekanbaru (12/8) – Dosen Politeknik Caltex Riau kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile iOS Tingkat Dasar Pada Siswa/i SMK Labor di Laboratorium R.317 pada hari Sabtu 10 Agustus 2019.

 

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen Jurusan Teknologi Informasi. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh para dosen yang menjadi bagian dari tridarma perguruan tinggi. 

Adapun dosen yang menjadi pemateri pada pelatihan ini adalah Shumaya Resty Ramadhani, S.ST., M.Sc., Dr. Juni Nurma Sari, S.Kom., M.MT., Indah Lestari, S.ST., M.T.,dan  Aida Kamila, S.S.T sebagai penanggung jawab lab serta beberapa mahasiswa.

Shumaya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan dalam bentuk pelatihan bagi para siswa/i SMK Labor.

“Para siswa SMK Labor akan diberikan materi seputar pengenalan pemrograman aplikasi mobile dengan sistem operasi iOS, bahasa pemrograman yang digunakan, serta implementasinya dalam bentuk pengembangan sebuah aplikasi sederhana,” ujarnya

Ia juga menambahkan bahwa pada pelatihan ini juga memberikan pengetahuan tentang apa itu bahasa pemrograman swift kepada para siswa.

“Swift ini adalah Bahasa yang digunakan para mac developer, iOS developer dan platform Apple lainnya. Maka dapat dipastikan, dengan melihat pasar Apple yang sangat kompetitif, materi ini akan meningkatkan knowledge para siswa SMK Labor Pekanbaru agar lebih luas lagi dan tidak hanya berupa pengetahuan tentang pemrograman java serta web dengan menggunakan php yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat,” tambahnya

Guru pendamping dan juga merupakan salah satu alumni dari prodi Teknologi Informatika Politeknik Caltex Riau (G7) Kurnia Rahman Agus, S.S.T. mengucapkan terimakasih atas pelatihan yang diselenggarakan dosen jurusan Teknologi Informasi PCR.

“Terimakasih kami ucapkan kepada para Ibu Dosen. Pelatihan ini sangat sesuai dan bermanfaat bagi sekolah kami, karena selama ini hanya sebatas mempelajari bahasa Java dan pengembangan website. Jadi pembelajaran tentang mobile menambah wawasan siswa. Apalagi untuk pengembangan aplikasi ios harus menggunakan iMac yang mahal. Saat ini PCR memiliki resource tersebut sehingga sangat membantu kami untuk belajar." terang pembimbing SMK Labor Pekanbaru.

Tentunya dengan respon dan antusiasme tinggi yang diberikan oleh pembimbing serta murid SMK Labor Pekanbaru tersebut, para dosen dan panitia yang terlibat merasa sangat senang karena dapat memperluas wawasan masyarakat seputar teknologi saat ini. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini, SMK Labor Pekanbaru dan Politeknik Caltex Riau dapat menciptakan hubungan yang erat untuk kedepannya.

 

  • Berita
Bagikan ke teman