Kunjungi PCR, Rektor Univrab Studi Banding Pengelolaan Pusat Karir dan Tracer Study

Pekanbaru (8/8) – Politeknik Caltex Riau menerima kunjungan dari Universitas Abdurrab Pekanbaru terkait studi banding pengelolaan pusat karir dan tracer studi pada Rabu (7/8/2019) di Gedung Direktorat Politeknik Caltex Riau. Kujungan ini merupakan bagian dari MoU antara Politeknik Caltex Riau dan Universitas Abdurrab yang telah ditandatangi keduabelah pihak.

 

Kunjungan ini disambut langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc. bersama jajaran antara lain Wakil Direktur Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Umum, Wakil Direktur Bidang Pemasaran, Kerja Sama dan Alumni, Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu (BP3M) serta Tim Tracer Study PCR.

Sedangkan dari Universitas Abdurrab yaitu Rektor Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D, Wakil Rektor1 Dr. dr. Syamsul Bahri Riva’I, Sp.OG, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Alumni dan P2K Yusmaharani, S.ST., M.Kes, Kepala Bagian Humas Suci Shinta Lestari, Tim Tracer Studi Univrab Imelda Fitri, Dimas Prada Sumitra dan Staff Humas Nur Roihatul Jannah.

Pada sambutannya, Dadang mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Rektor Univrab beserta jajarannya ke Politeknik Caltex Riau.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Ibu Rektor dan rombongan di Kampus Politeknik Caltex Riau, Kampus ramah lingkungan, bebas asap rokok dan tertib lalu-lintas. Kunjungan ini menjadi suatu kehormatan bagi kami dapat dikunjungi oleh Ibu Rektor dan rombongan ke kampus Politeknik Caltex Riau,” Sambutnya.

Ia juga mengatakan bahwa silahturahmi ini selalu mendatangkan sesuatu yang baik. Politeknik Caltex Riau bisa mendapatkan masukan-masukan dan peningkatan dari kegiatan-kegiatan seperti ini untuk perbaikan PCR dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Rektor Univrab Susi mengatakan sungguh senang bisa melakukan kunjungan ke kampus Politeknik Caltex Riau.

“Akhirnya saya sampai juga ke Politeknik Caltex Riau, nama besarnya yang membuat saya ingin mengunjungi namun belum sempat-sempat. Sebagai orang Riau asli, saya sangat bangga dengan adanya PCR di Pekanbaru ini”, Ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa tujuannya kesini yakni untuk melakukan studi banding terkait pengelolaan pusat karir dan tracer studi di kampus Politeknik Caltex Riau.

Pada kesempatan ini, Wakil Direktur Bidang Pemasaran, Kerja Sama dan Alumni yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Tracer Studi Politeknik Caltex Riau Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng. juga menjelaskan terkait bagaimana pusat karir dan tracer studi di kampus PCR.

“Sejak tahun 2013 PCR sudah memiliki pusat karir dan diberi nama Sumatera Career Center (SCC) dimana konsepnya menyerupai jobstreet dan lain-lain. SCC ini tidak hanya diperuntukkan untuk alumni, namun bisa terbuka untuk umum juga,” Ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebelum tahun 2013 PCR sudah melakukan tracer study namun masih belum mengikuti arah dari pemerintah. Mulai dari tahun 2013 hingga kini PCR mengikut apa yang diharuskan oleh pemerintah.

Sementara itu, kesuksesan dari pelaksanan tracer study salah satu faktornya yakni saling bekerjasama antara tim tracer dan dosen-dosen di program studi dan memastikan data alumni tersebut aman.

“Kita menginformasikan kepada para dosen dan alumni terkait pentingnya proses tracer study. Salah satu pentingnya tracer study ini yakni untuk meningkatkan kualitas kurikulum, meningkatkan akreditasi dan menunjukan capaian-capaian alumni PCR. Selain itu, PCR juga menjamin rahasia semua data yang diberikan oleh para Alumni yang mengisi tracer study ini,” tambahnya

Dalam empat tahun terakhir, Politeknik Caltex Riau selalu mendapatkan hibah dari Kemenristekdikti terkait tracer study. Pada tahun 2016 dan 2018 PCR berkesempatan mempresentasikan hasil tracer study ke Kemenristekdikti dan pada tahun 2018 juga PCR berhasil meraih juara 1 poster terbaik pada seminar BPLPKL.

  • Berita
Bagikan ke teman