Program Studi Teknik Komputer Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat ke MAN 2 Payakumbuh

Pekanbaru (2/9) - Dosen program studi Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ke MAN 2 Payakumbuh pada tanggal 30 - 31 Agustus 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat yang digabung dari 2 Program Pengabdian Masyarakat yang dibiayai oleh Politeknik Caltex Riau.

 

Dua program PkM ini antara lain adalah Workshop Program Literasi Digital Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran dan Program Workshop E-Library menggunakan SLIM pada MAN 2 Payakumbuh. Selain dua PkM tersebut, para dosen dari program studi Teknik Komputer ini juga mengadakan seminar Tips Memilih Perguruan Tinggi yang baik sembari Sosialisasi terkait PCR dan Program Studi Teknik Komputer. sehingga ada 3 rentetan acara yang diselenggarakan secara Paralel di MAN 2 Payakumbuh.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 80 orang guru, 2 pegawai perpustakaan dan 150 siswa-siswa dari sekolah MAN 2 Payakumbuh. Kehadiran dosen program studi Teknik Komputer disambut langsung oleh Kepala Sekolah Bpk. H. Alex Sandra S.Ag, M.MPd.dan kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah dan Ketua Program Studi Teknik Komputer Bpk. Ardianto Wibowo, S.Kom. M.T.

Ardianto menjelaskan bahwa program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bisa bermanfaat bagi guru-guru di era digital saat ini.

Salah satu bentuk literasi digital kita memanfaatkan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran. Kita memberikan pelatihan kepada guru-guru sebagai salah satu sarana membuat media pembelajaran yang menarik buat siswa-siswi di MAN 2 Payakumbuh. Sementara untuk E-Library disasarkan kepada siswa sebagai pengguna dan staf perpustakaan sebagai Adminnya. Untuk Seminar Tips Memilih Perguruan Tinggi, semua siswa sangat Antusias karena keingintahuan mereka bagaimana cara memilih perguruan tinggi yang baik dan kedepannya tidak salah memilih," ujarnya

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan PkM ini di kombinasikan dan digabung menjadi 1 tempat pelaksanaan dikarenakan agar terasa manfaat dan kegunaanya bagi masyarakat dalam hal ini MAN 2 Payakumbuh. Dan diharapkan kedepan ada program PkM yang bukan hanya dilaksanakan hanya dalam satu waktu saja tapi berkesinambungan selama 3 tahun sehingga ada indikator pertahunnya dan dapat dirasakan kebergunaannya karerna setiap tahunnya pasti ada indikator keberhasilan sampai masyarakat bisa melakukan secara mandiri.

Sementara itu Kepala Sekolah MAN 2 Payakumbuh menguncapkan terimakasih sebesar-besarnya dengan adanya kegiatan ini sangat membantu bagi pengembangan kompetensi guru dan staf mereka untuk dapat selalu update teknologi yang saat ini lagi trend dan diharapkan kedepannya masih banyak program-program pengabdian yang mererka terima guna meningkatkan kompetensi dan kemampuan para guru dan staf.

  • Berita
Bagikan ke teman