Memenuhi Pasar Kerja di Malaysia, Jurusan Teknologi Informasi lakukan Kunjungan Industri

Pekanbaru (26/8) – Mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) melakukan kunjungan industri (studi ekskursi) ke beberapa perusahaan dan perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Kunjungan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa dari Jurusan Teknologi Informasi serta didampingi oleh tiga orang dosen yakni Dini Hidayatul Qudsi, S.S.T., M.I.T., Rahmat Suhatman, S.T., M.T., dan Wenda Novayani, S.S.T., M.Eng.

Studi Ekskursi telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Agustus silam. Selama kegiatan tersebut, para mahasiswa mengunjungi tiga perusahaan yakni IX Telecom, Cyber View, Mimos, dan International Islamic University Malaysia (IIUM). Selain itu, para mahasiswa juga melakukan temu alumni yang bekerja di Malaysia.

Dini selaku dosen pendamping menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan industri ini merupakan yang kedua kali dilakukan dan bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa tentang dunia kerja pada bidang IT.

Selain itu Ia juga mengatakan bahwa kunjungan industri ini juga dilakukan untuk penyelarasan kurikulum di Jurusan Teknologi Informasi dengan implementasi dunia kerja.

“Melihat sebaran alumni yang bekerja di Malaysia dari hasil tracer studi, tahun ini kita melaksanakan kunjungan industri ke Malaysia. Kita ingin melihat bagaimana peluang lulusan PCR bisa bekerja disana dan keselarasan dari kurikulum pembelajaran yang link and match dengan dunia industri,” ujarnya

Ia juga menambahkan pada kegiatan ini kita juga mengadakan sharing session bersama para alumni PCR yang bekerja di Malaysia terkait pengalaman mereka bekerja kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Berdasarkan tracer alumni yang bekerja atau melanjutkan kuliah di luar negeri, sebanyak 29 alumni PCR berada di Malaysia dimana mayoritas bekerja dibidang teknologi informasi di beberapa perusahaan besar seperti Hitachi eBwork, AIA, Concentrix,dan lain-lain.

Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi, PCR selalu mempersiapkan mahasiswa agar memiliki skill dan kecakapan untuk dapat bersaing di dunia kerja. Tidak hanya melalui sistem perkuliahaan yang berbasis praktikum, PCR juga mengenalkan dunia kerja melalui program kerja praktik dan kunjungan ke industri serta perusahaan.

 

  • Berita
Bagikan ke teman