Teknik Komputer PCR Berikan Workshop Pembuatan Peta Digital Siswa dan Guru SMKN 5 Pekanbaru

Pekanbaru (12/11) - Guna meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Pekanbaru, Program Studi Teknik Komputer Politeknik Caltex Riau memberikan workshop pembuatan peta digital kepada siswa-siswi dan guru Jurusan Geologi Pertambangan SMKN 5 Pekanbaru pada hari Jumat 8 November 2019.

 

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Program Studi Teknik Komputer. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan pelatihan ini sebanyak 5 (lima) orang dosen dan 1 (satu) orang asisten instruktur laboratorium serta 4 (empat) orang mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi. Pemateri tersebut antara lain adalah Wenda Novayani, S.S.T, M.Eng., Mardhiah Fadli, S.T, M.T., Yuli Fitrisia, S.T, M.T, Dini Nurmalasari, S.T, M.T., dan Muhammad Mahrus Zain, S.S.T

Jurusan Geologi Pertambangan di SMK N 5 ini ditempuh dalam 4 (empat) tahun Pendidikan. Penguasaan pembuatan peta digital merupakan salah satu kompetensi keahlian yang wajib yang harus dimiliki oleh siswa SMK jurusan Geologi Pertambangan. Namun, berdasarkan wawancara dengan guru SMKN 5 bapak Edwin Fino, S.T ada keterbatasan SDM yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan peta digital, sementara saat Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa sering kali diminta untuk membuat peta digital. Sehingga dengan workshop ini diharapkan dapat membekali guru dan juga siswa tentang ilmu pembuatan peta digital.

Pada pelatihan ini, tim PkM Prodi Teknik Komputer menggunakan aplikasi ArcGIS sebagai salah satu alternative aplikasi pembuatan peta digital.

Sementara itu, Guru Jurusan Geologi Pertambangan Bapak Edwin Fino, S.T mengucapkan banyak terimakasih kepada team PkM dan juga PCR yang melaksanakan kegiatan ini di Laboratorium Kampus PCR, mereka sangat berharap program ini dapat berkelanjutan.

“Mewakili SMKN 5 saya mengucapkan terimakasih kepada PCR yang turut serta dalam mengembangkan pendidikan anak-anak di Pekanbaru, terutama di SMKN 5. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk para siswa dan juga guru. Siswa dan guru sangat terbantu dan mendapatkan ilmu tentang pembuatan peta digital” ucapnya

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya pelatihan ini bisa menambah pengetahuan dan membantu mereka untuk bisa lebih siap bersaing di dunia industri.

  • Berita
Bagikan ke teman