Pengabdian Masyarakat, Teknik Informatika PCR Gelar Workshop Pembuatan Aplikasi Manajemen Keuangan Sederhana Berbasis Pemrograman Berorientasi Obyek kepada siswa-siswi SMKN 5 Pekanbaru

Pekanbaru (12/11) - Program Studi Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan Pembuatan Aplikasi Manajemen Keuangan Sederhana Berbasis Pemrograman Berorientasi Obyek kepada siswa-siswi SMKN 5 Pekanbaru pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2 dan 3 November 2019. Studi kasus pada aplikasi ini adalah pengelolaan keuangan pada usaha Kos.

 

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Program Studi Teknik Informatika.Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tridarma perguruan tinggi.

Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan pelatihan ini adalah Dr. Juni Nurma Sari, S.Kom., M.MT, Silvana Rasio Henim, S.ST, M.T. , Rika Perdana Sari, S.T., M.Eng , Kartina Diah Kusuma Wardhani, S.T., M.T. serta beberapa mahasiswa program studi Teknik Informatika angkatan 2018.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada siswa-siswi SMKN 5 bagaimana membuat suatu aplikasi dengan menggunakan pemrograman berorientasi obyek. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.

Pada hari pertama dosen memberikan teori perancangan aplikasi seperti UML Unified Modelling Language berupa Use case Diagram serta Class Diagram juga diberikan perancangan database (ERD) serta flowchart. Untuk memperkuat dasar programming diberikan pelatihan pemrograman Java Dasar serta Pemrograman Berorientasi Obyek Java.

Pada hari kedua mahasiswa berkesempatan untuk membagikan pengetahuannya dalam membuat aplikasi Manajemen Pengelolaan Keuangan pada usaha Kos. Aplikasi ini merupakan salah satu tugas mahasiswa dari mata kuliah yang dikemas kembali agar mudah dimengerti oleh siswa SMKN.

Selama dua hari siswa SMKN 5 sangat antusias dalam mengikuti worshop ini, terlihat dari siswa SMKN5 semangat dalam mengikuti pelatihan ini mulai dari berlatih program Java, membuat database dengan MySQL, membuat tampilan menu dan form dalam JFrame sampai bisa menampilkan data pada tampilan.

Siswa SMKN 5 didampingi oleh guru pendamping yaitu Bapak Adri Daswin, S.Pd dan Ibu Nofria Mulianis, S.Kom. Ibu Nofria menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang sudah diberikan. Pelatihan-pelatihan seperti ini akan memberikan pengetahuan dan wawasan pada murid SMKN 5.

Selain itu Bapak Son Zarni, S.pd., M.Kom. selaku ketua Program keahlian Teknik Informatika SMKN 5 berharap agar sering dilakukan pelatihan-pelatihan kepada guru dan siswa SMKN 5 mengenai Teknologi Informasi seperti Mikro Tik, Arduino dan lain sebagainya agar pengetahuan dan wawasan siswa SMKN 5 pada perkembangan Teknologi Informasi bertambah.

  • Berita
Bagikan ke teman