Program Hibah Ristek-Brin, Dosen PCR Gelar Pelatihan Keuangan Bagi Kelompok UKM Ibu-Ibu Kreatif Gerai Kembang Setaman Kec. Payung Sekaki Kota Pekanbaru

Pekanbaru (14/8) – Politeknik Caltex Riau berikan pelatihan kuangan bagi kelompok Usaha Kecil Menangah (UKM) Ibu-ibu Kreatif Gerai Kembang Setaman, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru pada hari Kamis, 6 Agustus 2020.

 

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Politeknik Caltex Riau. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan PkM ini dilakukan oleh dua orang dosen dari Program Studi Akuntansi Meliza Putriyanti Zilfi, S.E., M.Acc dan Teknik Elektronika Putri Madhona, S.S.T., M.T. serta dibantu enam orang mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang peserta.

Meliza mengatakan bahwa latar belakang dilaksanakan kegiatan ini adalah masih banyaknya mitra ukm yang belum mengetahui perhitungan harga jual yang tepat dan komponen biaya lainnya sebagai dasar penentuan harga jual.

“Kita akan berikan beberapa materi pada kegiatan pelatihan ini yakni bagaimana cara menghitung kompenen biaya, perhitungan markup, harga jual dengan menggunakan metode full costing hingga penyusunan laporan laba rugi,” ujarnya

Mitra sangat aktif dan antusias terhadap materi yang diberikan dan harapan nya adalah Mitra dapat menerapkan perhitungan ini sebagai penentuan harga jual produk dan Mitra dapat membuat pembukuan yang rinci dan jelas sehingga dapat menyusun laporan laba rugi setiap bulan, pungkas meliza

Program pelatihan ini dilakukan di Laboratorium Akuntansi Politeknik Caltex Riau dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, face shield serta jarak antar peserta, sebagai upaya pencegehan penyebaran covid-19.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman