PCR Gelar Workshop Penyusunan Dokumen Tata Kelola Tracer Study dan Tracer Pengguna Alumni

Pekanbaru (28/9) – Politeknik Caltex Riau menyelenggarakan workshop penyusunan dokumen tata kelola tracer study dan tracer pengguna alumni. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 22 – 26 September 2020 di Gedung Direktorat PCR, Ruangan 203.

 

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T.

Wakil Direktur Bidang Pemasaran, Kerja Sama dan Alumni Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari program hibah yang diperoleh oleh PCR.

“Alhamdulillah, PCR mendapatkan hibah pengembangan dan penguatan bursa kerja khusus dari Direktorat Mitras DUDI, Dirjen Vokasi Kemdikbud. Terdapat 10 program kegiatan yang kita ajukan di proposal hibah pengembangan dan penguatan tersebut.  Dua program kita selenggarakan pada bulan September ini yakni workshop penyusunan tata kelola tracer study dan tracer pengguna alumni. Workshop ini diikuti 20 tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan PCR,” ujarnya

Tracer study merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh semua perguruan tinggi. Dari hasil tracer study, dapat dilihat bagaimana hasil dari kualitas lulusan dari perguruan tinggi tersebut. “Kualitas lulusan dapat dilihat dari keselarasan horizontal dan vertikal serta masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, salah satu komponen yang penting untuk menjaga kualitas lulusan yakni dengan terjaganya standar penjaminan mutu (SPM) dari perguruan tinggi tersebut,” ungkap Ihsan

Workshop ini menghadirkan narasumber Maksum Ro'is Adin Saf, S.Kom., M.Eng, Istianah Muslim, S.T.,M.T., dan Silvana Rasio Henim, S.ST, M.T.. Narasumber tersebut merupakan fasilitator nasional SPMI serta pejabat struktural Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu (BP3M) Politeknik Caltex Riau.

Ihsan juga menegaskan bahwa tujuan dari workshop guna meningkatkan tata laksana tracer study alumni dan tracer pengguna lulusan, mengetahui kinerja lulusan PCR pada IDUKA setiap tahun berdasarkan analisis hasil pelaksanaan tracer study alumni dan mengetahui penilaian pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan PCR berdasarkan analisis hasil pelaksanaan tracer study alumni.

Tidak hanya itu saja, semoga dengan adanya workshop ini dapat memperkuat komunikasi dan kolaborasi alumni dengan PCR serta menjadi bahan evaluasi kurikulum, capaian pembelajaran dan kompetensi sehingga sesuai dengan perkembangan kebutuhan IDUKA saat ini dan masa mendatang.

  • Berita
Bagikan ke teman