Tim AWAXI PCR Raih Pendanaan Pra Startup Kemristek/BRIN, Satu-satunya dari Riau

Pekanbaru (3/5) - Mahasiswa Politeknik Caltex Riau kembali menorehkan prestasi, Kali ini diraih oleh mahasiswa dari Jurusan Teknologi Informasi. Alpredo Pandiangan, GoharTamba, Marya Batubara dan Auliya Rahmi. Mereka merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Komputer dan tergabung dalam tim AWAXI.

 

Tim AWAXI dibawah bimbingan Inkubator Bisnis LETON II berhasil lolos pendanaan Pra Startup Inovasi perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN. Pada program ini, produk pra startup yang diajukan oleh AWAXI yaitu Sistem Monitoring Pasien secara Real Time Berbasis Internet of Things.

“Alhamdulillah, produk pra startup AWAXI berhasil lolos pendanaan yang diberikan oleh Kemristek/BRIN. Capaian ini merupakan hasil kerja keras tim AWAXI dan berkat bimbingan dari Inkubator Bisnis LETON II PCR,” ungkap Auliya Rahmi

Rahmi juga mengatakan bahwa untuk medapatkan pendanaan ini tidak mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalaui oleh para peserta.

“Tahapan ini dimulai dari pengusulan proposal. Pada tahapan kita bersaing dengan ratusan proposal dari puluhan perguruan tinggi di Indonesia. Setelah itu, tahapan verifikasi administrasi. Kemudian lulus desk evaluation serta tahapan terakhir lulus seleksi presentasi. Alhamdulillah, AWAXI juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Provinsi Riau yang lolos pendanaan Pra Startup Inovasi,” pungkasnya

AWAXI merupakan piranti cerdas berbasis IOT yang berfungsi untuk memonitor kondisi pasien secara realtime. Parameter yang dimonitor adalah detak jantung,suhu tubuh, suhu ruangan, dan berat infus. Alat yang digunakan untuk membuat AWAXI yaitu NodeMcu

ESP8266 sebagai microcontroller, sensor load cell untuk mendeteksi berat infus, sensor heart pulse rate untuk mendeteksi detak jantung (bpm), sensor DHT11 untuk mendeteksi suhu dan kelembaban ruangan, sensor MLX90614 untuk mendeteksi suhu tubuh pasien, serta push  button sebagai tombol emergency.

Keluaran yang dihasilkan oleh AWAXI berupa notifikasi otomatis yang ditujukan ke akun telegram perawat jika pasien dalam keadaan kritis, Selain itu, AWAXI juga mengeluarkan dashboard yang menggambarkan keadaan pasien secara realtime.

Legiun Teknologi, Inovasi dan Inkubator Bisnis (LETON II) ini merupakan unit yang mewadahi inku- basi bisnis yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan bisnis dan memaksimalkan spirit kewirausahaan para mahasiswa dan sivitas akademika Politeknik Caltex Riau.

Bagikan ke teman