Mahasiswa PCR Jadi Delegasi Indonesia pada Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN)

Pekanbaru (2/6) - Banyak cara yang dilakukan untuk mengenalkan PCR di panggung internasional. Salah satunya dengan mengikuti konferensi berskala internasional, seperti yang dilakukan Andi Christian Hardynata, mahasiswa program studi Teknik Mekatronika.

 

Andi Christian Hardynata berhasil menjadi delegasi Indonesia pada kegiatan Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) yang dilaksanakan secara daring pada 28 – 31 Mei 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh International Global Network. Pada kegiatan ini, Andi menjadi Council UNESCO membahas terkait Protecting the Professional Freedom and Safety of Journalists.

Asia Youth International MUN merupakan salah satu ajang simulasi sidang PBB yang diselenggarakan oleh International Global Network, sebuah organisasi yang bergerak dalam Pengembangan Pemuda. AYIMUN pertama kali diadakan di tahun 2017. Dikarenakan pandemi Covid-19 kegiatan ini dilakukan secara daring.

“Disini kita berperan sebagai perwakilan dari sebuah negara atau dalam even ini disebut Delegate dan kita membahas sebuah topik permasalahan dari masing-masing negara perwakilan kita seperti general isu,past action,dan juga memberikan solusi untuk topik permasalahan tersebut yang dikumpulkan ke dalam sebuah position paper,” ucap Andi.

Andi juga menambahkan bahwa semua solusi yang disampaikan oleh para delegasi kemudian digabungkan untuk menjadi suatu draft resolution. Dari hasil draft resolution tersebut akan dilakukan pidato penyampaian, debat dan negosiasi bersama delegasi lainnya yang tergabung dalam sidang.

Pada tahun ini terdapat sekitar 22.709 pendaftar dari 158 negara. Setelah mengikuti seleksi, terpilih 905 international delegate dari 58 negara untuk mengikuti Asia Youth International Model United Nation pada tahun 2021.

“Sebagai salah satu peserta dari Indonesia saya merasa senang bisa mendapat kesempatan ini. Rasa gugup tetap ada walaupun kegiatan ini dilakukan secara daring, namun pressure dari acaranya terasa ditambah karena ini tingkat internasional. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu saya dalam memperbaiki komunikasi, public speaking, negosiasi dan relasi” pungkasnya.

Bagikan ke teman