PCR bersama UPJ Mendapat Hibah Program pengembangan kapasitas bagi Pimpinan Politeknik Swasta dari DIES NMT

Pekanbaru (23/8) - Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) berkolaborasi untuk melaksanakan program hibah internasional dari DIES NMT melalui Program Empowering Polytechnic Leader in Indonesia (ERICA). Kesepakatan kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Arrangement (IA) yang disiarkan secara daring serta disaksikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X dan Ketua Forum Direktur Vokasi Swasta Indonesi pada hari Jumat, 20 Agustus 2021.

 

Direktur PCR Dr. Mohammad Yanuar H, S.T., M.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kolaborasi ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah dilakukan oleh PCR dan UPJ pada awal tahun 2021 ini. Pengajuan kegiatan ERICA sudah kita mulai sejak  maret 2021, dan akhirnya pertengahan juli proposal pengajuan kegiatan ERIKA ini diterima dan didanai oleh hibah DIES NMT. Yanuar juga menambahkan bahwa beberapa topik kegiatan ERICA diantaranya Leadership and Strategic Management, Project Management, Human Resources Management and Quality Assurance.

Rektor UPJ Leenawaty mengatakan bahwa kepemimpinan memiliki tantangan, khususnya di perguruan tinggi swasta. Tantangan tersebut bagaimana saat kita memimpin, kita dapat mentransformasi institusi yang diamanahkan kepada kita melalui efektifitas kepemimpinan. Sehingga kita mampu melahirkan buah-buah kepemimpinan dari periode kita menjabat. Buah-buah kepemimpinan tersebut harus diakui oleh publik secara nasional maupun internasional.

Ia juga menambahkan bahwa menjadi pemimpin pada umumnya tidak melalui pendidikan formal tapi melalui pengalaman-pengalaman, dan kesempatan pelatihan. Melalui program ERIKA ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jika kepemimpinan para bapak/ibu perwakilan Politeknik yang ada di Indonesia

Sementara itu, Ketua LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, M.B.A dan Ketua Forum Direktur Vokasi Swasta Indonesia Dr. Ir. Agus Purnomo, M.T. sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh PCR ini. Mereka berharap kegiatan ini dapat berlangsung sesuai rencana dan dapat menghasilkan pimpinan masa depan untuk pendidikan vokasi di Indonesia

MoA dan IA ditandatangani oleh Wakil Rektor 2 UPJ Eddy Yusuf, Ph.D dan Wakil Direktur 3 PCR, Muhammad Ihsan Zul, M.Eng. Kegiatan ditutup dengan paparan terkait sosialisasi program kepada pimpinan Politeknik Swasta yang hadir dalam kegiatan. Sosialisasi kegiatan ini disampaikan oleh Eddy Yusuf, Ph.D. Eddy mengatakan bahwa kegiatan Empowering Polytechnic Leader in Indonesia akan dilakukan secara daring dan luring. Kegiatan daring akan kita selenggarakan pada bulan November 2021. Sedangkan untuk kegiatan luring diselenggarakan di Pekanbaru pada bulan Mei 2022 mendatang. 

Turut hadir di dalam kegiatan tim hibah PCR diantaranya Dr. Dadang Syarif, Dr. Hendriko, Maksum Rois, M.Eng dan Istianah Muslim M.T. serta beberapa pimpinan dari Politeknik Swasta di Indonesia.

  • Berita
Bagikan ke teman