Pendaftaran PSUD Diperpanjang Hingga 11 Maret 2022, PCR Sediakan 20 Kuota Beasiswa Full untuk Mahasiswa Baru 2022

Pekanbaru (7/3) - Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Politeknik Caltex Riau (PCR) melalui jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD) akan ditutup Jumat (11/3/2022). Terdapat dua jenis jalur masuk pada PSUD ini yaitu jalur beasiswa prestasi dan jalur regular. Hingga saat ini sudah tercatat seribu lebih calon mahasiswa baru telah mendaftar pada jalur ini. 

 

Kepala Bagian Pemasaran dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Edi Tri Prayitno, S.I.Kom. mengatakan bahwa jumlah pendaftar mungkin terus bertambah hingga akhir penutupan nanti. 
"Seharusnya pentupan pendaftaran PSUD akan kita lakukan pada hari ini. Banyaknya permintaan dari calon mahasiswa baru dan mengingat kondisi PPKM di beberapa daerah yang mengakibatkan susahnya pendaftar untuk melengkapi semua berkas akhirnya kita undur hingga 11 Maret mendatang. Hingga pagi ini, sekitar 1.119 lebih calon mahasiswa telah terdaftar pada website https://pmb.pcr.ac.id untuk mengikuti seleksi melalui PSUD ini,” katanya.

Proses seleksi pada jalur PSUD ini mengacu pada rata-rata nilai rapor siswa SMA/SMK/MA dari semester 1 hingga semester 4 dengan minimal 7,5 (tujuh koma lima) atau 75 (tujuh puluh lima). Adapun daftar mata pelajaran pada jurusan SMA-IPA yang dilihat yakni Matematika, Bahasa Inggris dan Fisika. Sedangkan untuk jurusan IPS yakni Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi/Akuntansi. 

Untuk pendaftar yang berasal dari SMK, diambil dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan rata - rata Program Produktif/Program Keahlian. Selain itu, pendaftar PSUD juga harus melengkapi semua berkas secara online di website penerimaan mahasiswa baru pmb.pcr.ac.id.

Edi juga mengungkapkan bahwa pada jalur PSUD ini para calon mahasiswa juga bisa mengajukan beasiswa.
“Pada jalur PSUD ini juga pendaftar dapat mengajukan beasiswa prestasi Yayasan PCR (YPCR). Setiap tahunnya kita konsisten memberikan beasiswa penuh untuk 20 mahasiswa baru. Beasiswa YPCR ini dikhususkan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi namun kurang dalam tingkat ekonomi,” ungkapnya.

Bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa tersebut, akan diseleksi berdasarkan kelengkapan berkas persyaratan kemudian proses akan dilanjutkan dengan Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara serta visitasi.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa 50% dari total kuota mahasiswa baru 2022 akan diserap dari jalur PSUD.
"Hampir 50 % kuota mahasiswa baru diambil dari jalur PSUD. Ini merupakan peluang bagi adik-adik yang masih sekolah ataupun sudah lulus  SMA/SMK maksimal 2 tahun sebelumnya dapat mengikuti PSUD ini. Peluang untuk menjadi bagian mahasiswa Politeknik Caltex Riau masih terbuka besar," pungkasnya.

Pada tahun ini, PCR akan membuka beberapa jalur seleksi mahasiswa baru diantaranya jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD), Ujian Mandiri (CBT-Mandiri), dan Ujian Masuk Politeknik Caltex Riau (UMPCR). Jadwal Ujian Mandiri dan UMPCR dapat dilihat pada website https://pmb.pcr.ac.id.

  • Berita
Bagikan ke teman