Tim PkM PSTRK PCR Berikan Pelatihan IoT dan Computational Thinking Siswa SMKS Taruna Persada Dumai

Pekanbaru (9/9) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan para Siswa dan Guru yang ada di sekolah-sekolah Vokasi yang ada di Provinsi Riau, sejumlah dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK) Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan IoT dan Computational Thinking kepada Siswa SMKS Taruna Persada Dumai. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 6 September 2022.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.T., Sugeng Purwantoro E.S.G.S., S.T., M.T., Wenda Novayani, S.ST. M.Eng., Memen Akbar, S.Si., M.T., Yuli Fitrisia, S.T., M.T., Mardiah Fadhli, S.T., M.T. dan Dini Nurmalasari, S.T., M.T., dan Selain itu, mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah Muhammad Imam Akbar.

Pada program PkM ini PSTRK memberikan dua materi yang diikuti oleh siswa dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Untuk jurusan TKJ tema pelatihan terkait Student Centered Learning (SCL). Sedangkan untuk RPL diberikan pelatihan terkait Computational Thinking.

“Kita memberikan pelatihan bagaimana implementasi SCL untuk menambah kompetensi siswa smk dalam memonitor proyek iot melalui platform blynk. Pada pelatihan ini proses pembelajaran yang diterapkan berpusat pada siswa bukan dari pengajar/guru yang ada di depan kelas, sehingga dengan metoda ini mengharuskan semua siswa harus aktif dalam mencari masalah dan menyelesaikan masalah-masalah yang ditemukan, sementara pengajar di depan kelas hanya berperan sebagai Fasilitator/ Mediator saja,” ungkap Yoanda

Wenda juga menambahkan untuk kelas RPL kita mengajar dan mengajak para siswa dapat berfikir secara kritis dan mengasah logika berpikir siswa untuk dapat memecahkan suatu masalah dengan terstruktur sebagaimana komputer bekerja.

“Kelas RPL kita mengusung judul pelatihan terkait Penerapan Computational Thinking (CT) Melalui Media Permainan Robot Untuk Melatih Kemampuan Critical Thinking Siswa. Siswa diajak untuk berpikir kritis bagaimana memecahkan permasalahan di soal yang ada. kemudian untuk prakteknya, siswa diajak membuat logika untuk menjalankan robot permainan. Permainan ini nantinya para siswa membuat program dengan cara drag & drop yang kemudian dimasukkan ke dalam robot untuk memecahkan suatu permasalahan, bagaimana logika yang digunakan efektif dan efisien untuk dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan,” tambahnya

Selain memberikan pelatihan, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan SMKS Taruna Persana Dumai. Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Kaprodi PSTRK Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana, S.T., M.Sc. dan Dr. Sugiarto, M.M.

Kepala Sekola SMKS Taruna Persada Dumai Dr. Sugiarto menyambut baik kegiatan yang diberikan oleh PSTRK.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PSTRK dan PCR karena dengan adanya kegiatan ini mereka tidak merasa ketinggalan Informasi dibidang IT dan teknologi IoT saat ini. Kami juga berharap kerja sama ini dapat berjalan baik dan kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa vokasi di Riau, khususnya di SMKS Taruna Persada Dumai,” pungkasnya

  • Berita
Bagikan ke teman