Tingkatkan Kemampuan Coding, PCR Berikan Workshop Coding kepada Siswa SMP As Shofa Pekanbaru

Pekanbaru (23/11) – Meningkatkan kemampuan dan pengembangan minat bakat di bidang programmer, program studi Sistem Informasi (PSSI) Politeknik Caltex Riau (PCR) berikan workshop kepada siswa SMP As Shofa Pekanbaru.
 

 

Workshop ini merupakan bentuk Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) PCR yang dilaksanakan oleh Staf dan Mahasiswa di prodi Sistem Informasi. Kegiatan PkM ini diketuai oleh Indah Lestari, S.S.T., M.T. dengan anggota Dr. Yohana Dewi Lulu Widyasari, S.Si., M.T., Satria Perdana Arifin, S.T., M.T.I, Muhammad Mahrus Zain, S.S.T., M.T.I dan Heni Rachmawati, S.T., M.T.

Indah mengatakan bahwa Kegiatan ini adalah kegiatan kerjasama pembinaan ekstrakurikuler coding di SMP As Shofa oleh PSSI PCR dan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASISTIFO).

“Kegiatan ini sebenarnya sudah berjalan 3 kali sejak 2020. Untuk tahun 2022 kegiatan dilaksanakan secara luring di SMP As Shofa Pekanbaru dalam 10 pertemuan,” katanya

 
 

Di tahun 2022 ini, Sesi pertama dilakukan pada tanggal 17 September 2022 dengan topik Scratch. Pada sesi ini, siswa diperkanalkan konsep pemrograman tanpa melakukan coding, dengan membuat mini project. Sesi ini dikoordinasikan langsung oleh Dr. Yohana dengan bantuan 4 mahasiswa HIMASISTIFO sebagai mentor.

Setelah itu, sesi kedua dilanjutkan dalam enam pertemuan yang dimulai pada 24 September 2022 dengan topik mikrobit. Pada sesi ini, para siswa mulai diperkenalkan dengan dasar pemrograman serta komponen dan kegunaan mikrobit. Sesi ini dikoordinasikan langsung oleh Satria dengan bantuan 10 mahasiswa.

Indah juga menambahkan bahwa pada sesi terakhir para siswa mulai diperkenalkan pemecahan masalah dengan pemrograman dan kasus-kasus Artificial Intelligence.

“Sesi terakhir ini dilakukan dalam tiga pertemuan. Pertemuan pertama kita mulai pada 19 november dengan mentor Mahrus dan dibantu sebanyak 6 mahasiswa. Pada sesi terakhir ini, para mentor memberikan materi Common Coding,” tambahnya

Total mahasiswa HIMASISTIFO yang telibat pada kegiatan PkM ini kurang lebih 28 orang orang. Mahasiswa tersebut berperan sebagai pemateri utama dengan melakukan transfer knowledge ke siswa yang menjadi partner coaching para murid-murid. 

Selain itu mahasiswa tersebut memiliki bertanggung jawab dalam memeriksa dan menilai tugas peserta, dan melaporkan update kegiatan pada Koordinator dan Ketua Kegiatan. 

Indah juga berharap bahwa klegiatan ini direncanakan akan menjadi kegiatan rutin HIMASISTIFO dibawah Departemen Ristek agar kerjasama baik antara Program Studi Sistem Informasi dan SMP As Shofa dapat terus berjalan dengan baik.

  • Berita
Bagikan ke teman