Realisasi MoU, PCR Kembangkan Website BMKG Stalkim Riau

Pekanbaru (23/12) – Politeknik Caltex Riau (PCR) kembangkan website untuk BMKG-Stasiun Klimatologi Riau. Pengembangan ini merupakan bentuk implementasi realisasi MoU. Pengembangan website ini dilakukan oleh sejumlah mahasiswa kerja praktik PCR dari jurusan Teknologi Informasi.

 

Pengembangan website ini juga dalam rangka mendukung kemudahan penyebaran informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi regional wilayah Riau kepada masyrakat Riau guna mendukung keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. 

Website ini diluncurkan dalam rangka mengangkat produk - produk cuaca, iklim, kualitas udara dan gempa bumi regional Riau agar dapat lebih mudah diakses dan ditemukan untuk segala lapisan masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Balai Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan Hendro menyampaikan "Inovasi yang dilakukan Stasiun Klimatologi Riau dapat membantu masyarakat untuk mengkses informasi layanan BMKG regional Riau dan terdapat nilai tambahnya, yaitu hasil dari kerjasama pentahelix dengan perguruan tinggi dalam hal ini Politeknik Caltex Riau".

Lain daripada itu, "portal ini dibuat untuk mengintegrasikan informasi antara hasil produksi informasi yang dibuat oleh BMKG pusat dengan UPT di Provinsi Riau dan dapat dintegrasikan dengan web Balai Wilayah I Medan", ungkap Hendro.

Sebelum melaunching secara resmi website klimatologi ini, Wakil Direktur Politeknik Caltex Riau, Zainal; menyampaikan sambutannya " Kita bersyukur hasil implementasi dari nota kesepahaman antara BMKG dan Politkenik Caltex Riau dapat terwujud dengan adanya web ini dan dapat dikembangkan dengan kerjasama-kerjasama lainnya.”

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Riau, Ay dalam sambutannya menekankan Kembali hasil kerjasama dan kolaborasi dapat ditingkatkan demi mendukung asas kebermanfaatan bagi masyarakat.

Adapun konten yang bisa diakses melalui web https://staklim-riau.bmkg.go.id/ diantaranya Informasi Prakiraan Cuaca di tiap ibukota kabupaten di Provinsi Riau, Gempa Bumi Terkini, Informasi Iklim (Dasarian, Bulanan, dan Prakiraan Musim).

 

  • Berita
Bagikan ke teman