PCR Berikan Pelatihan Sistem Kontrol Pneumatik kepada Guru SMK

Pekanbaru (6/12) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru SMK di bidang Teknik Otomasi, Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan sistem kontrol pneumatik. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 – 24 Agustus 2022 di Laboratorium Pneumatik dan Hidrolik Kampus Politeknik Caltex Riau.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) PCR yang dilaksanakan oleh staf pengajar di jurusan Teknologi Industri. Kegiatan ini diketuai oleh Jajang Jaenudin ST, MT., Edilla ST, MT., Dr. Hendriko, ST, MEng., dan Amirul Huda, A.Md.

Pneumatik adalah sebuah istilah yang merujuk pada penggunaan udara bertekanan yang digunakan sebagai energi untuk menggerakkan komponen pada sebuah sistem pengaturan (sistem otomasi). Teknologi ini banyak digunakan untuk berbagai macam sistem otomasi di industri, seperti industri pengolahan dan pengepakan makanan, permesinan, pengujian kualitas produk, penyortiran barang, stamping, dan lain-lain. 

Kegiatan ini diikuti oleh para guru yang berasal dari SMKN 7 Pekanbaru, SMKN 3 Dumai dan SMKN 6 Dumai.  

Jajang mengatakan dalam kegiatan ini para guru akan diberikan materi secara teori dan praktik. Proses pelatihan praktikum nantinya akan dibantu oleh staf pengajar yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini.

“Staf pengajar yang terlibat memberikan materi mulai dari dasar-dasar sistem pneumatik, komponen-komponen pneumatik, rangkaian pneumatik satu aktuator, hingga rangkaian pneumatik multi-aktuator.  Pelatihan diberikan dalam bentuk pemaparan teori, simulasi menggunakan software FluidSIM dan juga praktik langsung menggunakan peralatan hardware sistem kontrol pneumatik,” katanya.

Jajang juga mengatakan seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, sehingga waktu yang disediakan dirasakan masih sangat kurang untuk menyelesaian kasus-kasus sistem kontrol pneumatik yang diberikan.

Pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa/teknisi sebagai panitia atau asisten instruktur. Mahasiswa yang dilibatkan adalah mahasiswa aktif yang memiliki kompetensi di bidang sistem kontrol pneumatik. Mereka dilibatkan dalam membantu persiapan peralatan, praktek dan pelayanan peserta.

  • Berita
Bagikan ke teman