Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 PCR Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Tanggal Pendaftarannya

Pekanbaru (6/1) – Politeknik Caltex Riau (PCR) mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024. Gelombang awal yang dibuka saat ini yaitu jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD).

 

Kepala Bagian Pemasaran dan Penerimaan Mahasiswa Baru PCR Edi Tri Prayitno, S.I.Kom. mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru jalur pertama ini dibuka mulai bulan oktober 2022.

“Jalur PSUD PCR sudah kita buka sejak 10 Oktober 2022 dan ditutup pada 10 Maret 2023 mendatang,” ujar Edi.

Ia menjelaskan bahwa setiap tahunnya PCR membuka penerimaan mahasiswa baru PCR lebih awal, sebagai bentuk kesiapan untuk menyambut calon mahasiswa baru dari segi pelayanan dan memberikan waktu kepada calon pendaftar untuk melengkapi semua persyaratan pendaftaran.

“Untuk pendaftaran, calon mahasiswa baru bisa melakukan secara online di website resmi pmb.pcr.ac.id. Kemudian, bisa memilih jalur yang dibuka saat ini yaitu jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online, jadi calon mahasiswa tidak perlu lagi datang ke kampus untuk menyerahkan berkasnya,” jelasnya.

Adapun persyaratan untuk mendaftar pada jalur PSUD ini diantaranya adalah calon mahasiswa merupakan lulusan tahun 2023 atau dua (2) tahun dari tahun kelulusan. Rata-rata nilai dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggis, Fisika/Ekonomi/Akuntasi/Produktif atau Kejuruan minimal 75/7.5 pada semester 1 hingga semester 4.

Proses seleksi pada jalur PSUD ini tidak menggunakan ujian tapi seleksinya hanya berdasarkan nilai rapor yang telah di unggah pada saat pendaftaran.

Edi juga menambahkan bahwa calon mahasiswa baru dapat mendaftar pada jalur PSUD ini berasal dari sekolah mana saja dan jurusannya harus linear dengan pilihan program studi.

“PSUD ini terbuka untuk seluruh siswa SMA/SMK/MA maupun madrasah yang ada di Indonesia. Untuk pilihan program studi harus linear dengan jurusan ketika di sekolah. Jurusan IPA dapat memilih seluruh program studi di PCR. Jurusan IPS hanya bisa memilih dua program studi sedangkan SMK sesuai dengan linear program studi yang ada di PCR,” tambahnya

Pada penerimaan mahasiswa baru 2023, PCR membuka sepuluh (10) program studi sarjana terapan. Adapun program studi yang dibuka adalah Akuntansi Perpajakan, Teknik Mesin, Teknik Listrik, Teknik Informatika, Teknik Elektronika Telekomunikasi. Teknologi Rekayasa Komputer, Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika, Teknologi Rekayasa Mekatronika, Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi dan Sistem Informasi.

Tanggal penting pada proses pendaftaran mahasiswa baru jalur PSUD. Proses pendaftaran dilakukan mulai 10 Oktober 2022 – 10 Maret 2023. Proses seleksi 13 Maret 2023. Pengumuman 14 Maret 2023 serta daftar ulang pada tanggal 15-24 Maret 2023.

Untuk memberikan layanan maksimal dan cepat, PCR membuka layanan informasi dan bantuan di nomor Whatsapp 0811 758 0101, 0823 7536 9696 an 0852 6368 9090 ataupun dapat mengirimkan pesan di social media PCR Facebook dan Instagram.

  • Berita
Bagikan ke teman