Dosen Jurusan Teknologi Informasi PCR Berikan Pelatihan CT kepada SMAN 5 Pekanbaru

Pekanbaru (30/12) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan para Siswa dan Guru yang ada di sekolah-sekolah Vokasi yang ada di Provinsi Riau, sejumlah dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK), Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika (TI) Politeknik Caltex Riau memberikan Computational Thinking (CT) kepada Guru dan juga siswa SMA N 5 Pekanbaru. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 16 November 2022.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Ardianto Wibowo, M.T., Dini Hidayatul Qudsi, M.I.T., Rika Perdana Sari., M.Eng, Satria Perdana A, M.T.I, Dr. Juni Jurma Sari dan Wenda Novayani , M.Eng. Selain itu, terdapat 7 orang mahasiswa yang ikut membantu dalam menyampaikan materi tentang Computational Thinking.

“Pada pelatihan ini kita memberikan dua materi yaitu untuk guru berjudul “PERSIAPAN BEBRAS CHALLENGE MELALUI PENGENALAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MENENGAH”  dan untuk siswa berjudul “Workshop Computational Thinking untuk Persiapan Bebras Challenge”.  Kegiatan ini mengajak dan memberikan informasi kepda guru dan siswa bagaimana berpikir seperti computer berpikir yaitu dengan menerapkan computational thinking dalam pembelajaran.

Ardi juga menambahkan bahwa kedepannya program-program seperti ini akan terus dilanjutkan dengan menambahkan beberapa tema sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan siswa khususnya pada bidang IT.

“Pada kegiatan pelatihan ini, kita melihat antusias siswa dan guru yang luar biasa dalam mengikutinya. Insyaallah kedepannya akan memberikan pelatihan terkait bidang IT lainnya.

Selain memberikan pelatihan, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PCR dan SMAN 5 Pekanbaru.

Kepala Sekolah SMAN5 Pekanbaru, Hj. Elmy Gurita, M.P. menyambut baik kegiatan yang diberikan oleh Biro Bebras PCR. Ia berharap kerja sama ini dapat berjalan baik dan kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa vokasi di Riau, khususnya di SMAN 5 Pekanbaru

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman