Kapolresta Pekanbaru Jalin Kerjasama dengan PCR

Politeknik Caltex Riau (PCR) menjalin kerjasama dengan Polresta Pekanbaru guna pembangunan sistem aplikasi pelaporan cepat. Aplikasi yang diberi nama dengan quick response "Lapor Polisi" ini akan dibangun berbasis android untuk melaporkan kejadian-kejadian luar biasa kepada polisi.
 
Para kasus yang mungkin bisa dilaporkan adalah pencurian, narkoba, perkelahian, kecelakaan, kebakaran dan kasus kriminal lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dibuat untuk memudahkan pihak kepolisian bisa cepat memberi response atas segala kejadian yang terjadi. 
 
Rencananya, mekanisme aplikasi yang dibuat akan sangat mudah. Masyarakat tinggal mendaftarkan diri dan setelah terdaftar tinggal menekan tombol lapor agar kejadian tersebut segera ditindak. Sebagai evaluasi juga, setelah kejadian ditangani bisa membuat laporan status kejadian sebagai pelaporan. Aplikasi ini diharapkan bisa membantu pihak yang berwajib dan masyarakat dalam mengentaskan dan mencegah terjadinya tindak kriminal. 
 
Aplikasi ini merupakan pencanangan Kapolresta Pekanbaru, Tony Hermawan. Menurut beliau, pencanangan aplikasi ini nantinya direncanakan akan dibentuk sebagai sistem yang terintegrasi. "Kepolisian nantinya akan membuat sistem informasi yang terhubung dengan quick Respon Motor dan Mobil Patroli, Mengembangkan Sistem Monitoring Center di Pekanbaru dan Aplikasi Quick Respon Masyarakat," jelasnya. 
 
Dibuka pukul 09.00, acara tersebut juga mengundang Kasatlantas Polres, Kabid dan Kapolsek Sekota Pekabaru. Selanjutnya aplikasi ini akan mulai dikembangkan PCR untuk segera bisa digunakan kepolisian. 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar