Tim PkM PSTRJT dan PSTE Berikan Pelatihan Firewall Kepada SMA IT Al-Ittihad

Pekanbaru (27/7) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi para guru dan teknisi di SMA IT Al-Ittihad dalam kemananan jaringan komputer, sejumlah dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (PSTRJT) dan Teknik Elektronika (PSTE) Politeknik Caltex Riau memberikan workshop penerapan firewall pada jaringan komputer. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Senin, 24 Juli 2023 di Laboratorium Komputer SMA IT Al-Ittihad.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah  Wiwin Styorini, S.T., M.T sekalu ketua PKM, anggota Hamid Azwar, S.T., M.T., dan Mochamad Susanto.  Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Rendy Rianda, Teguh Syafrizal dan Arianja.

Wiwin mengungkapkan bahwa tujuan dilakukan program PkM dengan bentuk pelatihan ini sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi guru-guru dan teknisi laboratorium tentang implementasi firewall di jaringan laboratorium komputer menggunakan router mikrotik. Hal ini juga sebagai bentuk perhatian kami terhadap permasalahan terkait dengan kontrol akses internet untuk siswa SMA IT AL Ittihad terutama selama pembelajaran ataupun ujian.

“Harapannya ada sistem keamanan akses yang bisa di kontrol dan monitor oleh guru dan teknisi lab ketika ada kegiatan ujian berbasis komputer. Keamanan akses yang dimaksud adalah pembatasan hak akses ke situs-situs tertentu selama berlangsung ujian secara online menggunakan komputer. Juga memonitoring situs apa saja yang sedang dan telah diakses oleh murid-murid sebagai bentuk pembelajaran dan kontrol. Sehingga tujuan untuk menjaga integritas selama pelaksanaan ujian berbasis komputer terjada dengan baik,” ungkapnya

Hasan Basri, S.Ag., M.P.  selaku Kepala Sekolah SMAIT Al-Ittihad mengatakan bahwa PCR sangat perhatian dengan SMAIT AL-ITTIHAD hal ini diwujudkan dengan berbagai macam program PkM yang telah dilakukan selama ini salah satunya program yang yang dilakukan olem tim PkM PCR terkait dengan implementasi firewall dilaboratorium. . Hal positif ini akan sangat membantu guru mata pelajaran dan teknisi laboratorium untuk melakukan kontrol akses internet oleh siswa-siswi selama proses pembelajaran dan ujian.

Selain memberikan pelatihan kepada guru dan teknisi. Pada kesempatan ini, Tim PkM dari dua program studi ini juga melakukan serah terima satu unit router mikrotik yang telah di konfigurasi bersama-sama dalam kegiatan training kepada kepala sekolah SMA IT Al-Ittihad. Router ini juga telah terpasang di jaringan Laboratorium dan langsung bisa digunakan untuk manajemen akses internet di SMAIT AL-ITTIHAD

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman