Dosen PCR Berikan 4 Modul Ajar Fisika dan 1 Unit Charger Station Tenaga Surya ke SMA IT Mutiara Duri

Pekanbaru (25/8) - Untuk meningkatkan pengetahuan para siswa di SMA IT Mutiara Duri dalam mata pelajaran fisika, dosen dari Program stusi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (PSTRJT) dan Teknik Elektronika Telekomunikasi (PSTET) Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan modul pembelajaran fisika listrik dan Pemanfaatan Energi Matahari untuk Sumber Listrik Ponsel untuk kelas XI dengan peserta sebanyak 30 siswa. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023 di Laboratorium Fisika SMA IT Mutiara Duri.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun dosen yang terlibat adalah Cyntia Widiasari, S.T., M.T., Rizadi Sasmita Darwis, S.T., M.T., Noptin Harpawi, S.T., M.T., Wira Indani, S.T., M.T., Indah Vusvita Sari, S.T., M.T. dan M. Suhairi, S.Pd., M.T. Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Rahadatul Aisy, Farid Dwi Aprian, Della Aulia Astati, Favian Hugo Dimitri, Muhammad Nafis ikrom, Bharati Silviana dan Muhammad Rizki Saputra.

Cyntia dan Bapak Rizadi selaku ketua program studi tersebut mengungkapkan tujuan dilakukan program PkM untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi siswa kelas XI dalam hal pelajaran fisika listrik dan pemanfaatan energi matahari.

Adapun pelatihan yang diberikan berkaitan dengan mengukur nilai tegangan daan arus pada rangkaian listrik seri-paralel. Selain itu, pemanfaatan energi matahari yang diimplementasikan langsung dengan menggunakan ponsel siswa. Dalam prosesnya Ponsel tersebut dapat melakukan charging dengan bantuan energi matahari melalui solar panel.

“Sudah kesekian kali nya PCR datang kesekolah ini melakukan PKM dengan berbagai macam kegiatan. Kegiatan ini diharapkan adanya proses berkelanjutan dari PCR dan SMA IT Mutiara Duri sehingga terjalin hubungan yang baik antara kedua belah pihak. Hal ini sangat membantu guru terutama mata pelajaran Fisika,” ungkap Kepala sekolah SMA IT Mutiara Duri, Dra. Gusni Eliza.

Pada kegiatan ini, tim PKM dari dua program studi (TRJT dan TET) turut melakukan serah terima empat modul pembelajaran Fisika Listrik dan 1 unit charging station tenaga surya.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman