Tim PKM Pengembangan SDM Berikan Pelatihan Disain dan Menjahit Tas, Photo Produk serta Keuangan di UMKM IBNU AL-MUBAROK

Pekanbaru (4/8/) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manuasia (SDM) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika, Teknologi Industri dan Akuntansi Perpajakan Politeknik Caltex Riau memberikan pelatihan disain dan pembuatan tas, photo produk serta pelatihan keuangan.

 

Pelatihan disain dan menjahit tas dan photo produk hasil produksi UMKM Ibnu Al-Mubarok dilaksakan pada tanggal 3 Agustus 2023 di pesantren Ibnu Al-Mubarok, di Jalan Sri Palas – Rumbai Bukit – Pekanbaru. Pihak UMKM menyediakan tempat untuk pelatihan mesin jahit dan mempersiapkan anggota yang akan mengikuti pelatihan. UMKM juga menyediakan tempat untuk pelatihan photo produk serta barang-barang hasil produksi UMKM yang menjadi objek photo. Antara lain tas, ikat rambut, makanan dan beberapa produk perkebunan.

Pelatihan keuangan dilaksanakan di kampus Politeknik Caltex Riau yang dilakukan tanggal 4 Agustus 2023. Peserta pelatihan keuangan ini khusus bagian keuangan UMKM Ibnu Al-Mubarok. Selain pelatihan penghitungan harga jual produk, juga di berikan pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana menggunakan Microsoft Excel.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Elva Susianti, S.ST., M.T selaku ketua PKM, anggota Rika Perdana Sari, S.T., M.Eng. dan Meliza Putriyanti Zifi, S.E., M.Acc.  Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Teresia Evana S, Arnisah Fitri, Kafka Afisya Edra, Noval Darris Akqil, Ribka Mauly Sinaga, M Ginanjar Wisnu, Dian Agusti,  Rahma Puspita Ningrum, Ibnu Rezki Fahrezi, Fadhil Alziqra.

 Elva mengungkapkan bahwa tujuan dilakukan program PkM dengan bentuk training dan pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan SDM UMKM dalam menghasilkan produk yang layak di pasarkan dengan harga yang lebih bersaing. Selain itu, kegiatan ini juga menambah pengetahuan anggota UMKM dalam photo produk agar produk yang dijual secara online dapat di tampilkan lebih menarik, serta menambah nilai jual produk tersebut. Anggot UMKM juga diberikan pengetahuan keuangan agar UMKM dapat menentukan harga jual produknya dengan tepat. “Harapan kita semua dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kreativitas SDM dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan bernilai tinggi, serta pengetahuan keuangan yang memadai,” ungkapnya.

Rinwiningsih selaku ketua UMKM Ibnu Al-Mubarok mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan pengetahuan UMKM dalam menjahit tas yang bernilai jual tinggi.  Teknik photo produk dengan handphone dan properti sederhana, menghasilkan photo produk yang sangat menarik. Penghitungan harga jual produk yang selama ini dilakukan hanya berupa perkiraan, saat ini sudah bisa di tentukan berapa keuntungan dari setiap produk yang di jual. “Saya berharap kedepannya kegiatan seperti ini terus berlanjut untuk meningkatkan kemampuan SDM UMKM Ibnu Al-Mubarok,” ungkap Rini.

Dari hasil evaluasi kepuasan kegiatan, para peserta memberikan feedbaik yang baik bahwasanya kegiatan ini memberi wawasan baru bagi mereka terkait peningkatan kemampuan SDM. Para peserta berharap kegiatan pelatihan ini terus berlanjut lagi kedepannya.

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman