Satu-satunya wakil dari Riau, Mahasiswa PCR Raih 2 Penghargaan pada Pilmapres 2023

Pekanbaru (28/7) – Politeknik Caltex Riau kembali meraih prestasi nasional. Prestasi kali ini diraih pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional tahun 2023 oleh Farhan Naufaldy, mahasiswa dari program studi sarjana terapan Teknik Informatika. 

 

Farhan berhasil meraih juara harapan 1 pilmapres jenjang vokasi dan komunikator terbaik. Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Capaian yang diraih oleh Farhan sebagai salah satu pemenang pada ajang Pilmapres 2023 program vokasi setelah berhasil mengalahkan 14 finalis mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Sebelum bertarung di babak final nasional, Farhan telah melewati tahapan seleksi berjenjang mulai dari tahap seleksi di Perguruan Tinggi, kemudian penilaian seleksi wilayah dan penilaian seleksi nasional awal. Acara final Pilmapres 2023 dimulai pada Senin 24 Juli 2023 dan puncak acara penganugrahan diselenggarakan pada Rabu 26 Juli 2023 di Universitas Negeri Hasanuddin Makassar.

Farhan menuturkan bahwa dibutuhkan persiapan matang untuk mengikuti rangkaian Pilmapres. Peserta harus memahami rancangan produk inovatif untuk dipresentasikan. Pada babak final Farhan beradu dalam empat tahap seleksi, yaitu presentasi produk inovatif, penilaian bahasa Inggris dalam bentuk pidato secara spontan, wawancara capaian unggulan, serta psikotes dalam bentuk LGD (Leaderless Group Discussion) bersama finalis lainnya.

“Saya bersama pembimbing melakukan latihan rutin terkait presentasi dan public speaking. Hal ini guna untuk memperbaiki kelemahan dan mengasah kemampuan berbicara. Selain itu, pengaturan waktu dan mental juga harus diperhatikan selama proses Pilmapres. Tidak hanya itu saja, saya juga harus meyiapkan penelitian yang inovatif pada ajang ini,” tuturnya.

Dikatakan Farhan, kunci atas capaian yang diraih adalah sikap konsisten terhadap apa yang telah digeluti, mempersiapkan dengan baik serta rajin berlatih. Dan tidak kalah pentingnya selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap langkah yang diambil. Capaian tersebut juga tidak lepas dari dukungan dari dosen pembimbing dan bagian kemahasiswaan yang telah memfasilitasi dalam melatih dan membimbing dalam persiapan mengikuti Pilmapres Nasional 2023.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung saya selama proses pemilihan mahasiswa berprestasi hingga nasional. Jujur, kemenangan ini meninggalkan kesan yang teramat mendalam bagi saya,” paparnya.

Mahasiswa yang berasal dari Kota Pekanbaru ini pada Pilmapres 2023 mengusung produk inovatif yang berjudul “sustainify, software pelacak carbon footprint berbasis PWA (progressive web app) dan IoT (internet of things).

“Inovasi itu dibuat untuk melakukan tracking terhadap emisi karbon dan pengontrolan penggunaan elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk mengurangi penggunaan listrik, yang tentunya juga turut serta dalam menghasilkan emisi karbon. Jadi, saya membuat software ini agar masyarakat di indonesia bisa lebih aware dan peduli terhadap perubahan iklim dan global warming” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Farhan ini juga merupakan salah satu mahasiswa dari Politeknik Caltex Riau yang memiliki segudang prestasi dan aktif di organisasi. Salah satu prestasi yang luar biasa diraih farhan iyalah menjadi delegasi indonesia pada program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) ke jerman. 

Kemudian juga pernah menjadi runner up master kategori speech pada ajang National Polytechninc English Olympics (NPEO). Selain prestasi, Farhan juga pernah menjabat sebagai ketua sekaligus pendiri UKM CTS (caltex techno scientist), kepa…

Bagikan ke teman