Tingkatkan Kemampuan Office, PCR Berikan Pelatihan Microsoft Office untuk Ikadi se-Kota Pekanbaru

Pekanbaru (9/9) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan komputerisasi administrasi Dai di Kota Pekanbaru, Dosen Politeknik Caltex Riau melaksanakan pelatihan Microsoft Office. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 9 September 2023 di Laboratorium PCR. Adapun mitra kegiatan dalam program pelatihan ini adalah Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Rumbai Jaya dan [eserta perwakilan Dai Ikadi se-Kota Pekanbaru.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Memen Akbar, S.Si., M.T.,  Jajang Jaenudin, S.T.,M.T. serta dibantu oleh beberapa mahasiswa.

Memen Akbar selaku ketua PKM mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan atas permintaan pengurus Ikadi Rumbai Raya yang kekurangan sumber daya untuk menyusun jadwal dakwah dai terutama saat bulan Ramadhan.

“Pengurus Ikadi kesulitan membuat jadwal sehingga tidak ada jadwal yang bentrok antar dai (satu masjid dijadwalkan dua dai) maupun antar masjid (satu dari dijadwalkan di dua masjid). Selain itu, dai juga dituntut untuk membuat materi dakwah dengan lebih menarik bagi masyarakat,” katanya

Materi pelatihan pertama dalam kegiatan ini adalah penyusunan jadwal dai menggunakan Ms Office yang disampaikan oleh Jajang Jaenudin, kemudian dilanjutkan materi membuat surat undangan menggunakan fitur mail merge pada Ms Word oleh Memen Akbar serta dilanjutkan dengan materi Ms Power Point dan Canva untuk membuat slide presentasi dan poster.

Memen berharap kegiatan ini setidaknya memberi wawasan baru bagi dai dalam melaksanakan kegiatan dakwah.

“Kami berharap materi pelatihan yang telah disampaikan dapat diimplementasikan dalam kegiatan dakwah para dai. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan pengetahuan yang telah didapatkan saat kuliah. Kegiatan ini dibantu oleh 5 orang mahasiswa G23 kelas 1 TI F yang baru saja mendapatkan materi yang sama saat matrikulasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Salmandri selaku Sekretaris Ikadi Rumbai Raya mengungkapkan kerjasama kampus dengan Lembaga Dakwah untuk membantu dalam kepengurusan dakwah dan dai perlu dilakukan setiap tahun.

“Dai perlu meningkatkan kemampuannya dalam literasi digital agar dakwah menjadi lebih tertata dengan baik dan lebih menarik simpati masyarakat,” ungkapnya.

 

  • Berita
Bagikan ke teman