Dosen PCR Berikan Workshop Instrumen Kelayakan Sistem Informasi Untuk Bisnis UMKM

Pekanbaru (18/9) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan literasi bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi sistem informasi Politeknik Caltex Riau memberikan workshop Instrumen Kelayakan Sistem Informasi Untuk Bisnis UMKM. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 16 September 2023. Pelaksanaan PKM ini berkerja sama dengan Lembaga konsultasi dan Pengembangan Bisnis. Pihak Caraka Corp membantu dalam penyediaan peserta UMKM yang akan diberikan pelatihan dan juga memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yangterlibat dalam program pelatihan ini adalah  Nina Fadilah Najwa, S.Kom., M.Kom sekalu ketua PKM, anggota Anggy Trisnadoli, S.S.T., M.T. dan Istianah Muslim, S.T.,M.T.  Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Kesya Lisnawati Siregar, Sri Rahmadani, Dinda Rahma Ifani, Eka Puji Lestari dan Melati Junaedi.

Nina mengungkapkan bahwa tujuan dilakukan program PkM dengan bentuk workshop ini sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para masyarakat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tentang analisa kelayakan bisnis yang akan diimplementasikan atau sedang dalam tahap pengembangan. Hal ini juga sebagai bentuk perhatian kami pada kondisi banyaknya UMKM sedang menghadapi tantangan yang kompleks, seperti persaingan sengit dan perubahan pasar yang cepat.

“Harapan kita semua dengan adanya pelatihan instrumen kelayakan sistem informasi untuk bisnis UMKM ialah masyarakat semakin jeli dan cakap menanggapi tantangan bisnis yang akan selalu muncul seiring perkembangan zaman dan teknologi,” ungkapnya.

Mu’atin S.Kom selaku CEO Caraka Corp mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi pertama kali dengan PCR. Kegiatan ini sangat memberikan kesan yang baik dan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar terkait pengembangan bisnis. “Saya berharap kedepannya kegiatan seperti ini terus berlanjut untuk meningkatkan kemampuan masyarakat terhadap perkembangan teknologi untuk menunjang bisnis / usaha mereka,” ungkap Mu’atin.

Dari hasil evaluasi kepuasan kegiatan, para peserta memberikan feedbaik yang baik bahwasanya kegiatan ini memberi wawasan baru bagi mereka terkait pengembangan bisnis. Para peserta berharap kegiatan pelatihan ini terus berlanjut lagi kedepannya.

  • Berita
Bagikan ke teman