Tingkatkan Kualitas Leadership, PCR Hadirkan 5 Tokoh pada Kegiatan Leaders Talk

Pekanbaru (6/10) – Politeknik Caltex Riau (PCR) menggelar Program Leaders Talk untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Kegiatan ini mengusung tema Internalisasi Nilai-Nilai PCR (I.D.E.A.L) pada Praktik Kepemimpinan di Lingkungan Politeknik Caltex Riau. Kegiatan berlangsung pada hari Jumat, 6 Oktober 2023 di Auditorium PCR.

 

Pada kegiatan ini, PCR hadirkan lima pembicara diantaranya adalah Ir. A.H. Batubara, M.B.A., Dr. drh. Chaidir, M.M.,  Ir. Albert B.M. Simanjuntak, M.B.A., Ir. Wahyu Budiarto dan Ir. Humayunbosha. Pembicara tersebut merupakan tokoh dan pimpinan inspiratif yang juga merupakan Dewan Pembina Yayasan PCR.

Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu (BP3M) Istianah Muslim, S.T., M.T. mengatakan program leaders talk ini perdana digelar untuk penguatan dan pemahaman pemimpin dan seluruh sivitas akademika terhadap nilai-nilai yang diterapkan oleh PCR.

“Program ini perdana kita selenggarakan dengan konsep yang santai dan interaktif. PCR memiliki 5 nilai yang menjadi landasan dalam pencapaian Visi PCR, yakni diakui sebagai institusi pendidikan unggul yang mampu bersaing dalam bidang teknologi, bisnis dan ilmu terapan di tingkat Asia tahun 2045. Nilai-nilai tersebut adalah Integrity (I), Dignity (D), Excellence (E), Agility (A) dan Loyalty (L), atau disingkat menjadi I.D.E.A.L. Momen ini menjadi salah satu cara kita untuk mennguatkan implementasi nilai PCR kepada sivitas akademika PCR khususnya kepada pimpinan dan calon pimpinan masa depan,” ungkapnya.

Isti juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pimpinan dan calon pimpinan masa depan PCR terkait konsep dan implementasi kepemimpinan yang baik.

“Menginternalisasi nilai-nilai PCR (I.D.E.A.L) dalam praktik kepemimpinan serta menjadi wadah bagi para pemimpin untuk membahas isu terkini tentang kepemimpinan, saling memberi inspirasi dan semangat dalam praktik kepemimpinan. Diharapkan kegiatan ini nantinya para peserta dapat mempertajam pemahaman terkait perannya sebagai penggerak utama laju organisasi dan mendapatkan insight baru terkait gaya kepemimpinan dari pemimpin hebat,” pungkasnya.

Acara yang bersifat santai, interaktif, melalui sesi sharing, tanya jawab dan diskusi dipandu langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc.

Dalam kegiatan ini, A.H. Batubara memaparkan pentingnya integrity dalam leadership. 

Kemudian Dr. drh. Chaidir, M.M membahas pentingnya nilai dignity dalam jiwa kepemimpinan.

Albert BM Simanjuntak memaparkan nilai excellence. Dalam pemaparan, Albert mengatakan kita harus memiliki dan memilih apa yang menjadi keunggulan yang dapat bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain dan dunia.

Kemudian Wahyu Budiarto memaparkan tentang nilai agility. Pada pemaparan ini, Budi menyatakan bahwa Agility itu bagaimana kita dalam menghadapi dan rekasi terhadap perubahan Sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Sedangkan pemaparan terakhir tentang loyalty disampaikan oleh Humayunbosha. Pada pemaparan ini, ia mengatakan bagaimana kita loyal terhadap organisasi.

Kegiatan leaders talk ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari pimpinan unit, bagian dan calon pimpinan masa depan Politeknik Caltex Riau. Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua Umum pengurus dan anggota Yayasan PCR.

  • Berita
Bagikan ke teman